Wakil Bupati Nisel Buka Muscab Apdesi

IMG-20240409-WA0076

Nisel, TRIBRATA TV

Musyawarah Cabang (Muscab) Ke – I Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Nias Selatan (Nisel), dibuka Wakil Bupati Firman Giawa di Kalabubu House, Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nisel, Sumatera Utara, Sabtu (10/7/2021).

IMG-20240227-124711

Hadir pada acara tersebut selain Wakil Bupati, Firman Giawa, hadir juga Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, Ketua dan Jajaran DPD Apdesi Provinsi Sumatera Utara serta para Kepala Desa dari perwakilan-perwakilan kecamatan se-Kabupaten Nisel.

Muscab ini merupakan musyawarah pertama yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Nias Selatan, mengagendakan pemilihan Ketua dan Pengurus serta penyusunan program kerja DPC Apdesi Kabupaten Nias Selatan periode lima tahun ke depan.

Ketua DPD Apdesi Provinsi Sumatera Utara, Suparman dalam sambutannya, sangat bangga dan berterima kasih kepada panitia yang telah menggagas Muscab ini.

BACA JUGA  Dampak BBM Naik, Satnarkoba Polresta Deli Serdang Bagi Bansos

“Apdesi ini hadir untuk membantu program pemerintah dalam membangun desa dan bukan untuk membangun kekuatan yang baru. Apdesi hadir untuk bersinergi bersama dengan pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan pembangunan di desa yang bekerja sama dengan seluruh aparat desa,”ujarnya.

Ia juga mengingat para Kepala Desa, bahwa jabatan Kepala Desa bukanlah pekerjaan, tetapi amanah.

“Saya, ingatkan bahwa menjadi Kepala Desa bukan suatu pekerjaan, tetapi adalah amanah dalam arti bagaimana melayani, menjadi pelindung serta mengayomi,” tandasnya.

Suparman berharap para Kepala Desa bisa membangun desa dengan berpedoman pada kultur atau apa yang menjadi potensi di desa tersebut supaya dapat dijadikan landasan dalam membangun desa.

BACA JUGA  Bupati Nias Hadiri Perayaan Nataru 2023 Jema'at BNKP Onozitoli Dulu Hiliduho

Ia minta pada Ketua DPC APDESI Kabupaten Nias Selatan terpilih harus banyak belajar bagaimana caranya bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintahan daerah dalam membangun desa.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Apdesi di Nias Selatan, pemerintahan Kabupaten Nias Selatan semakin lebih maju dan berkembang,” katanya.

Sementara Elisati Halawa menyampaikan Apdesi bukanlah sesuatu organisasi yang kecil.
Untuk itu, ia berharap agar organisasi yang cukup kuat dengan berpedoman terhadap kultur dan Pancasila Sila ke -4, ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusawaratan rakyat.’

“Untuk bermusyawarah, ada dua syaratnya dan harus diingat, yakni khidmat dan bijaksana,” pesan Elisati.

Menutup sambutannya, Elisati ucapkan selamat dengan kehadiran Apdesi di Nias Selatan, mudah-mudahan dengan kehadiran Apdesi maka Desa Maju, Indonesia Maju dan Indonesia Berdaulat.

BACA JUGA  Aipda Ferri Manullang Binluh ke Puskesmas Darussalam

Sedang Wakil Bupati Firman Giawa mengajak seluruh peserta Apdesi agar bersatu karena dengan persatuan maka apa direncanakan akan berjalan dengan baik.

Firman juga berharap melalui musyawarah ini akan melahirkan program kerja dan pengurus Apdesi yang dapat mengayomi seluruh kepentingan pemerintah desa yang ada di Kabupaten Nias Selatan.

“Melalui Muscab agar dijadikan sebagai sarana dan wahana untuk mengingatkan berbagai kebijakan dan program kerja yang lebih mantap, tepat sasaran dan fokus, sehingga eksistensi Apdesi benar-benar sebagai representatif setiap wilayah yang dapat mewakili kepentingan seluruh perdesaan dalam mewujudkan ide, inovasi, kreativitas dan kearifan lokal masing-masing desa,” himbau Firman. (Tim)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *