Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Berikan Pelatihan Ketrampilan WBP

IMG-20240409-WA0076

Pematang Siantar, TRIBRATA TV

Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIA Pematangsiantar terus melakukan peningkatan keterampilan terhadap WBP.

IMG-20240227-124711

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIA Pematang Siantar Raymond Girsang menjelaskan, pihaknya telah memberikan beberapa pembinaan dan peningkatan ketrampilan seperti pembuatan bata press, pembibitan ikan dan tanaman hidroponik.

“Dari hasil pelatihan tersebut, nantinya akan diperjualbelikan dengan pihak yang sudah bekerjasama dengan lapas kelas IIA Pematangsiantar yang dimana WBP tersebut mendapatkan premi/upah serta mendapatkan sertifikat dari hasil pelatihan yang sudah diikuti,”ucap Raymond, Sabtu,(8/7/2023).

BACA JUGA  Hari Raya Deepavali, Ruslim Rohimun Sembiring Berbagi dengan Warga Tamil

Dengan demikian tutur Reymond, WBP yang telah selesai menjalani masa pidana / bebas dan juga nantinya dapat berguna dan diterima di tengah masyarakat serta menjadi bekal di lapangan kerja nantinya.

Selain itu juga ungkapnya,pihaknya juga selalu melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dengan melakukan razia rutin atau pun razia insidental di setiap kamar dan blok hunian WBP serta pemeriksaan areal sekitaran Beranggang Lapas kelas IIA Pematangsiantar.

BACA JUGA  Berharap Tidak Kembali, Casis Bintara Lantamal I Belawan Terbang ke Malang

“Kita bersinergi dengan aparat penegak hukum guna mencegah gangguan Kamtib dan menciptakan lapas kelas II A Pematang Siantar menjadi lapas yang bersinar (bersih dari Narkoba) serta Zero Halinar (zero HP dan pungutan liar),” katanya

Hal tersebut merupakan Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan  3+1 yaitu Deteksi Dini, berantas Narkoba, sinergi dengan APH dan Back to Basic.

“Program lain dari pemerintah tentang asimilasi Covid-19 yang sudah berlangsung dan pemberian integrasi dalam mewujudkan hak-hak WBP baik itu PB, CB, CMB, CMK, serta pemberian Remisi kepada seluruh WBP yang telah memenuhi syarat,”sebutnya

BACA JUGA  Habis Masa Kontrak, Cor Beton Proyek Peningkatan Kapasitas Jalan di Labuhanbatu Terbengkalai

Sementara itu,dalam hal pembinaan kerohanian Sambung Raymond, Lapas Kelas IIA Pematang Siantar juga terus menerus melaksanakan program Pembinaan kepribadian kepada seluruh WBP dalam hal kegiatan Ibadah baik itu yang beragama Kristen, Islam, Budha. Dalam pembinaan kepribadian terhadap WBP.

Lapas kelas IIA Pematang Siantar telah menjalin kerjasama (MoU) dengan beberapa pihak ataupun yayasan yang bergerak dibidang keagamaan,”pungkasnya (Joe)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *