Hadiri Pesta Tugu Sagala, Kapolres Samosir: Contoh Baik Bagi Seluruh Bangso Batak Bangun Kampung Asal

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon menghadiri Pesta Monumen tugu Sagala Raja Sedunia dan Pelantikan pengurus Sagala Raja Sedunia periode 2022-2026 di Sianjur Mula-mula Samosir, Kamis (7/7/2022).

IMG-20240227-124711

Pesta tugu dan pelantikan ini diikuti lebih dari seribu keturunan marga sagala raja.

Jhony Sagala salah seorang diantara panitia mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung sampai Sabtu 9 juli 2022. “Serangkaian kegiatan seremonial penting akan dilaksanakan seperti Acara Gondang Mangalahat Horbo, Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Sagala Raja Sedunia Periode 2022 – 2026 dan dilanjutkan Peresmian Tugu Sagala Raja Sedunia sampai dengan acara kesenian budaya batak umumnya,” katanya.

Pada perhelatan ini, Drs Maringan Sagala (Oppu Anastasia) dilantik Raja Bius Sagala Raja menjadi Ketua Umum Punguan Sagala Raja Sedunia ditandai dengan pemberian bendera, tongkat dan pedang pusaka Batak.

Peresmian Tugu Sagala Raja ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum Sagala Raja St Drs Maringan Sagala didampingi Kapolres Samosir dan Raja Bius Sagala serta Penandatanganan Prasasti.

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon yang diundang ke pesta tugu dan pelantikan tersebut disambut hangat dan erat oleh penetua-penetua dan ketua Punguan Marga Sagala.

Ketua Umum Sagala Raja yang baru dilantik mengatakan tugu ini akan menjadi salah satu icon wisata untuk Samosir, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan daerah nantinya.

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Samosir yang telah menghadiri peresmian itu.

‘Terima kasih juga kita ucapkan kepada Kapolres yang sudah menghadiri dan melihat segala kegiatan Sagala Raja disini, kita apresiasi itu,” pungkasnya.

Kapolres Samosir menjawab media menyampaikan rasa bangga atas terlaksanannya pesta dan pelantikan Ketua Umum punguan marga Sagala ini.

Kapolres Samosir berujar, pelaksanaan ini juga merupakan bentuk kepedulian marga Sagala membangun kampung halamannya.

“Peresmian Monumen sagala raja ini, membuktikan bahwa saat ini di Samosir terlihat persaudaraan yang sangat kuat, karena banyak dari luar datang dari Samosir, artinya marsipature hutanabe dan menjunjung dalihan natoulu, itu adalah nilai nilai budaya leluluhur kita yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,”kata Kapolres Samosir yang datang didampingi Kabagops Kompol Lengkap Suherman Siregar, Kasat Intelkam AKP Sahala Harahap dan Ps Kanit Regident Aiptu Surung Sagala.

“Harapan kami, kepada seluruh bangso Batak dan seluruh marga, ya inilah awalnya dari tugu Sagala Raja ini, kota belajar. Semua marga harus seperti ini. Mencontoh yang baik. Sehingga semua kita Bangso Batak dapat membangun, asal kita lebih baik lagi, dan akan dikenal dunia karena saat ini, Samosir adalah super destinasi wisata nasional”, kata Kapolres lagi di hadapan forum dan undangan yang hadir.

Selain itu pada hari Jumat (8/7/2022) ini juga seluruh Pomparan Sagala Raja dari wilayah Tapanuli Raya turut hadir dalam Acara Pesta tersebut. Demikian juga Pomparan Marga Sagala Hutabalian dari Huta Pangiringan Kabuputen Dairi ikut hadir sesui dengan Jadwal yang telah ditentukan panitia. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *