Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Bupati Simalungun Pimpin Apel Ketua Sat Kamling Polres Simalungun

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bertindak sebagai pimpinan dalam Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling), di halaman Mapolres Simalungun, Pematang Raya, Sumut, Rabu (21/6/2023).

IMG-20240227-124711

Apel tersebut menyambut Hari Bhayangkari ke -77 Polri presisi untuk Negeri, pemilu Damai menuju Indonesia Maju dan dihadiri Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dan Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy.

Kapolri dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, apel yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Sat Kamling.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan terwujudnya cita-cita leluhur bangsa.

Tentunya dinamika tantangan harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling). Sat Kamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan/Desa. Untuk itu kehadiran diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisihan yang prediktif.

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Sat Kamling. Sat Kamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Kehadiran Sat Kamling harus betul-betul bisa menjadi ‘cooling system’ dilingkungan masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan, karena persatuan dan kesatuan bangsa hal utama yang harus dipertahankan serta di jaga bersama.

Berdasarkan data Sat Kamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan, dari total 230.028 Pos Kamling hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Sat Kamling, sedangkan 95.275 pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Oleh karena itu diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan revitalisasi Sat Kamling, dengan mengaktifkan serta kembali memberdayakan Sat Kamling.

Kapolri juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Sat Kamling serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Kepada awak Sat Kamling, Kapolri berpesan agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

Dalam kesempatan itu, Bupati, Kapolres dan Dandim menyerahkan trophy dan bingkisan kepada juara perlombaan Sat Kamling HUT Bhayangkari ke 77 tahun 2023.

Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Pihak Polres Simalungun dedikasinya dalam pengungkapan kasus narkoba jenis sabu-sabu seberat 410 gram. Dan pengungkapan pembunuhan berencana yang disertai dengan pencurian dan kekerasan yang terjadi di Kecamatan Bandar.(Rismauli Manihuruk)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *