Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Asahan Gandeng Pemkab Tanam Padi

IMG-20240409-WA0076

Asahan, TRIBRATA TV

Untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto bersama jajarannya ikut turun ke sawah menanam padi.

IMG-20240227-124711

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Asahan itu berlangsung di Dusun Pasar VI, Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan, Sabtu (6/6/2020) sore.

Nugroho mengatakan, keterlibatan personel kepolisian dalam kegiatan penanaman padi ini, sebagai wujud mereka dalam memberikan semangat kepada petani, sehingga semakin termotivasi meningkatkan produksi pangan.

“Tujuannya memberikan motivasi kepada kelompok tani di Asahan, khususnya di Kecamatan Rawang Panca Arga ini, untuk meningkatkan produksi dari hasil pertanian ini,” kata Nugroho.

Selain itu, tambah Nugroho, keterlibatan mereka dalam kegiatan ini, supaya dapat merasakan langsung kegiatan yang selama ini hanya dilakukan oleh para petani, mulai dari penanaman, bahkan ketika nantinya di masa pemupukkan hingga jadwal memanen tiba.

“Kami Polres Asahan datang kemari untuk bersama-sama melakukan apa yang dirasakan oleh kelompok tani. Kami juga ingin berkontribusi kepada bangsa dan negara, di samping juga melaksanakan tugas kepolisian,” ujarnya.

Mantan Kapolres Natuna itu pun berharap para petani lebih memilih menggunakan pupuk organik dalam setiap kegiatan pertanian. Sebab, pupuk tersebut dapat menjaga tingkat kesuburan tanah, secara praktis semakin meningkatkan produksi padi.

“Disiapkan juga pupuk hayati demi menjaga kelestarian alam, karena kalau menggunakan pupuk urea bisa berdampak pada tingkat kesuburan tanah dan kesehatan tanaman,” imbau Nugroho.

Disamping itu, dengan ketersediaan lahan pertanian yang luas, bisa dipastikan Kecamatan Rawang Panca Arga sebagai salah satu daerah penghasil lumbung padi di Sumut, khususnya Kabupaten Asahan.

“Total lahan yang ditanami padi sekitar 2.700 hektare. Tapi khusus kegiatan hari ini 1 hektare. Kita semua berharap jangan sampai ada lahan aktif pertanian berubah lagi. Kalau bisa dipertahsanakan bahkan ditingkatkan,” tegasnya.

Keterlibatan Polres Asahan dalam kegiatan ketahanan pangan ini di bumi Rambate Rata Raya bukan yang pertama kali. 

Sebelumnya telah dilakukan penebaran 30 ribu benih ikan lele di Kota Kisaran dan penanaman jagung hibrida di kawasan perkebunan Padasa, Asahan. (Gon)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *