IMG-20240501-WA0019

Polresta Banjarmasin Bongkar Sindikat Pencurian Baterai BTS

IMG-20240409-WA0076

Banjarmasin, TRIBRATA TV

Satreskrim Polresta Banjarmasin berhasil mengungkap sindikat pencurian baterai Base Transceiver Station (BTS) yang marak terjadi tiga bulan terakhir di wilayah Kalselteng.

IMG-20240227-124711

Satreskrim Polresta Banjarmasin menggelar kasus tersebut ke awak media beserta para pelaku dan puluhan barang bukti. Total, ada delapan pelaku yang dibekuk.

Empat tersangka dibekuk di Banjarmasin akhir April dan empat pelaku lainnya dibekuk di Serang, Banten pada Senin (8/5/2023).Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin, Kompol Thomas Afrian kepada awak media.

“Barang bukti terkait tindak pidana, yang ditemukan di Banjarmasin ada enam unit. Yang kami amankan di wilayah Serang, Banten, sisanya ini,” ucap Kasat sambil menunjukkan barang bukti berupa baterai tower BTS berbagai tipe yang ada puluhan itu, Rabu (10/5/2023).

Barang bukti tersebut terang Kasat, selain dari Kalsel, ada juga yang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Medan, Sulawesi Tengah, Palembang, dan Kalimantan Tengah.

“Awal mula pengungkapan ini berawal dari laporan pihak provider, bahwa terjadi pencurian di tower milik masing-masing provider,” jelasnya.

“Setelah itu, dari tim gabungan Macan Resta Banjarmasin, Macan Kalsel, serta Polsek jajaran, khususnya Polsek Banjarmasin Selatan, berhasil menangkap beberapa pelaku, ” ucapnya.

Setelah dilakukan pendalaman ungkap Kasat, para pelaku tersebut merupakan mantan dari pegawai provider atau orang yang memasang instalasi baterai tersebut.

“Mereka yang memasangnya, mereka juga yang membobolnya,” ucap Thomas.Adapun untuk pencurian awal di wilayah Kalsel dilakukan di kawasan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Barat.

“Berdasarkan penjelasan pihak provider, tower BTS ini memang tidak ada penjaganya. Informasi terakhir, apabila baterai ini dicopot, alarm baterai itu harusnya berbunyi,” kata Kasat.(nanang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *