IMG-20240501-WA0019

Larikan Fortuner Pura-pura Gila, Polisi Nyatakan Pelaku Sehat

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

SL (28) warga Sukamulya Sematang Borang, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan berinisial SL (28), pura-pura gila saat ketahuan melarikan mobil Toyota Fortuner pada Senin (7/3/2022) lalu di salah satu ATM di Bukit Baru Palembang.

IMG-20240227-124711

Untuk membuktikan pelaku hanya gimik gangguan kejiwaan, Sat Reskrim Polsek Ilir Barat I Palembang memeriksakan kejiwaan SL selama satu bulan di Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar Palembang.

Kapolsek IB 1 Palembang Kompol Roy A Tambunan, menjelaskan dalam rilis pres, Rabu (27/4/2022) peristiwa itu terjadi ketika korban menyetor tunai di ATM di Indomaret di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara Palembang.

“Korban saat itu hendak ke ATM, tiba-tiba lampu padam, korban kemudian berinisiatif memberikan penerangan lampu mobilnya dan kembali menyetorkan uang. Tiba-tiba pelaku dari pintu bagian belakang mobil menyelinap masuk dan membawa kabur mobil korban yang ditinggal dalam kondisi menyala,” ungkapnya.

Tersangka ditangkap polisi nyaris tanpa perlawanan di rumahnya, pada Rabu (9/3/2022 malam, kata Kepala Polsek Ilir Barat I Palembang Kompol Roy Tambunan di Palembang.

Ia mengatakan ancaman hukuman tersangka sebagaimana diatur dalam Pasal 365 KUHP ayat (2) tentang tindak pidana pencurian yang dikenakan penyidik kepolisian terhadap SL karena didukung alat bukti yang cukup.

“SL terbukti membawa kabur satu unit mobil merek Fortuner TRD warna putih nomor polisi BG 1066 VW milik GT yang ditemukan aparat terparkir di rumah tersangka malam itu,” kata Tambunan.

Selain itu, kata dia, penyidik juga sudah mendapatkan hasil pemeriksaan resmi dari rumah sakit jiwa Ernaldi Bahar Palembang yang menyatakan tersangka sama sekali tidak mengalami gangguan jiwa.

Hasil tersebut didapatkan setelah tenaga kesehatan rumah sakit jiwa itu melakukan pemeriksaan Minnesota Multiphasic Personality Inventory terhadap SL yang dibantarkan oleh penyidik selama sekitar sebulan di sana.

“Tersangka ini agak ngelantur saat diperiksa hingga kami sulit menelaah perkataannya, sementara pihak keluarga mengklaim anaknya itu sakit jiwa, tapi dari hasil tim dokter Ernaldi Bahar ternyata tidak dalam sakit jiwa,” kata dia.

Polisi menduga tersangka pengaruh narkoba, karena yang bersangkutan mengaku memakai narkoba jenis sabu-sabu. (Suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *