Kapolres Sitaro: Perkuat Sinergitas Kunci Sukses Operasi Ketupat

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Iwan Permadi bersama Bupati Sitaro yang diwakili Wakil Bupati John Palandung, pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 untuk pengamanan Idul Fitri 1444 H di halaman Mapolres Kepulauan Sitaro, Senin (17/4/2023).

IMG-20240227-124711

Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2023 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai dari Mabes Polri sampai kewilayahan dimana operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 18 April sampai tanggal 1 Mei 2023.

AKBP Iwan Permadi ketika membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Seperti kita ketahui kerja keras bersama pada pengamanan mudik Lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat berdasarkan Survei Indikator periode tanggal 5 sampai 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022, “ujarnya.

BACA JUGA  Aktifkan Siskamling, Kapolres Pelabuhan Belawan Akan Tindak Tegas Pelaku Tawuran

AKBP Iwan Permadi menyampaikan, Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI / Polri, Kementrian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya. Para personil tersebut nantinya menempati 2.787 Pos dengan rincian: 1.857 Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayan dan 217 Pos Terpadu.

“Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik, tukasnya.

Dalam hal ini Kapolres menjelaskan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu: pertama, laksanakan tugas dengan sungguh- sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

BACA JUGA  Peduli Korban Banjir Kerinci, Polres Merangin Serahkan Bantuan

“Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan “Presisi” sebagaimana harapan masyarakat, “tuturnya.

Selanjutnya ialah memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

“Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat,” katanya.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure. Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

BACA JUGA  Polres Sekadau Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77

Kapolres dalam sambutan Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut unsur Forkopimda, TNI/Polri, para PJU Polres Kepulauan Sitaro, Polsek Jajaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tamu undangan lainnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *