Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Lakukan Antisipasi

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan upaya penanganan kesiapsiagaan darurat terkait peningkatan status aktivitas Gunung Ruang.

IMG-20240227-124711

Diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada), sekarang naik lagi menjadi level III (siaga).

Pj. Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Drs. Joi E. B. Oroh saat dikonfirmasi melalui via whatsapp, Selasa (16/04/2024) menghimbau, khususnya untuk warga masyarakat Kampung Laingpatehi dan Kampung Pumpente yang berada tepat di dibawah kaki Gunung Ruang agar mewaspadai dampak erupsi gunung berapi itu untuk menekan risiko kebencanaan.

“Saya sudah menyampaikan kepada jajaran pemerintah kampung, serta kecamatan setempat agar segera waspada, tingkatkan kesiapsiagaan, dan kewaspadaan. Warga masyarakat segera lakukan evakuasi mandiri, prioritaskan yang termasuk dalam kelompok rentan seperti balita, lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan disabilitas, “tuturnya.

Pj. Bupati pun menyebut dirinya saat ini terus memantau dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memitigasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana Gunung Api Ruang ini.

“Dalam hal ini Pemerintah daerah terus siaga, BPBD juga sudah ada disana (Pulau Tagulandang) sejak dari tadi sore, kemudian Dinkes sudah membuat posko yang berlokasi di Kantor Camat Tagulandang dan seluruh camat di Tagulandang sudah saya perintahkan untuk tetap stand by membantu mempersiapkan jalur evakuasi untuk warga, titik kumpul evakuasi koranya dipersiapkan untuk pengungsian baik lokasi gereja kantor camat, maupun lainnya, “tukasnya.

Selain itu, lanjut Oroh, Kapal Lohoraung juga sementara mengarah ke Pulau Buhias untuk berjaga-jaga dalam mengevakuasi warga.

“Sudah diarahkan supaya KM Lohoraung langsung stand by jo di Pulau Buhias. Sekarang kapal dari Makalehi menuju Buhias untuk stand by disana. Terus armada kecil, saya arahkan kepada para Kapitalau disana yang milik masyarakat untuk sebisa mungkin melakukan evakuasi mandiri, “ucapnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sitaro Cosman Ambalao pun menambahkan saat ini Dinas Sosial juga sementara mengecek kesiapan logistik, dirinya menuturkan bahwa saat ini Dinas Sosial siap siaga.

“Saat ini kami sementara berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pasca dengan naiknya Status Gunung Api Ruang ini, yang pastinya Dinsos sudah siap siaga, “pungkasnya.

IMG-20240310-WA0073