IMG-20240501-WA0019

Kapolri: Sudah Ada Peningkatan Jumlah Kendaraan

IMG-20240409-WA0076

Idul Fitri menandakan berakhirnya waktu puasa Ramadhan sering diartikan juga sebagai hari kemenangan.

Makna spiritual yang terdapat di dalamnya selain refleksi dan kegembiraan, Idul Fitri juga sebagai waktu untuk amal, yang dikenal sebagai Zakat al-Fitr.

IMG-20240227-124711

Idul Fitri dimaksudkan sebagai waktu sukacita dan penuh berkah bagi seluruh umat Muslim dan waktu untuk membagikan harta kekayaan seseorang kepada mereka yang tidak mampu agar turut berbahagia di hari raya.

Dalam hal ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan warning kepada jajaran Polri di seluruh Indonesia bahwa sudah ada peningkatan jumlah kendaraan sejak hari Jumat (14/4/2023). Hal itu menunjukkan sudah dimulainya arus mudik Lebaran 2023.

“Memang sejak kemarin Jumat, Sabtu, dan nanti Minggu ini sudah ada peningkatan jumlah kendaraan. Masyarakat sudah mudik lebih awal,” ujar Kapolri dalam sambutannya di PP PERSIS, Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Ketegasan Kapolri ini bahwa akan ada peningkatan lonjakan kendaraan, bahkan hingga di arteri. Tak terlepas di wilayah Bandung, Jawa Barat.

“Wilayah Jawa Barat, Bandung akan terdampak. Apakah masuk Bandung atau sebaliknya,” ujarnya.

Bagi seluruh masyarakat tidak terlepas dari pernyataan dari Jendral bintang 4 tersebut yang sifatnya mengedukasi kepada tiap-tiap pengguna jalan agar berhati- hati dan supaya mengikuti ketentuan aturan lalulintas yang diberlakukan.

Kapolri juga menegaskan kepada sesama pengguna jalan harus saling menjaga untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan.

Umat Islam pada hari Fitri akan saling bermaaf-maafan. Tradisi-tradisi ini akan bervariasi dari tiap-tiap daerah pun di Sulawesi Utara.

Khusus di Kabupaten Kepulauan Sitaro sendiri populasi Muslim menurut data BPS tahun 2022 yaitu 3,35 % dan sisanya didominasi oleh Protestan 95,88 dan tentunya tidak sesemarak dengan suasana perayaan Idul Fitri di ibu kota yaitu Manado.

Dalam kesempatan ini Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Iwan Permadi tetap menghimbau kepada masyarakat yang ada di 47 pulau ini agar selalu menjaga toleransi.

“Sebagai masyarakat yang toleran mari kita menjaga kerukunan antara umat bergama terutama, kita hormati untuk mereka yang sekarang sedang menunaikan ibadah puasa yang sebentar lagi akan masuk dalam perayaan Idul Fitri, “ungkap AKBP Iwan Permadi.

Kapolres Kepulauan Sitaro ini tetap mengajak semua masyarakat bahkan anggota Polri untuk membangun kebersamaan, kerukunan antar umat beragama, saling bersilahturahmi, berjabat tangan dan memaaf-maafkan.

Karena dengan moment ini kita bisa bertumbuh dalam kekeluargaan yang utuh dalam lingkup masyarakat Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika.

Oleh: Jemi Lahutung

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *