IMG-20240501-WA0019

PMI Gowa Gelar Apel Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

IMG-20240409-WA0076

Gowa, TRIBRATA TV

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa menggelar Apel SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) di halaman kantor Camat Sombaopu Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jum’at (7/4/2023).

IMG-20240227-124711

Mardani Hamdan, Sekretaris PMI Gowa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan pesan dari ketua PMI Gowa bahwa relawan Sibat diharapkan menjadi sumber informasi ketika terjadi sebuah bencana.

“Kita harapkan juga relawan Sibat ini ketika terjadi bencana maka dia akan menjadi penopang, ikut membantu dalam upaya evakuasi atau melakukan pertolongan dan jika dibutuhkan misalnya terjadi sebuah bencana besar maka semua relawan Sibat ini kita libatkan membuka dapur umum,” katanya.

Ia menambahkan bangga dengan Apel Siaga yang dilakukan Camat Sombaopu, karena dari 17 Kecamatan yang dikunjungi, kecamatan ini beda dengan yang lainnya.

TONTON VIDEONYA:

Menurutnya dari 24 Kabupaten-Kota di Gowa, inilah yang pertama menjadi pelopor pencetus kegiatan ini sifatnya langsung merekrut dari seluruh desa dan Kelurahan.

Di tempat yang sama, Camat Sombaopu, Agus Salim S.Sos M.Si, mengatakan ada 14 Kelurahan di Kecamatan Sombaopu dan sekitar 300 orang anggota PMI yang hadir mengikuti upacara Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.

“Dengan Sibat ini banyak hal yang kita bisa gunakan disamping menjadi relawan ketika terjadi sebuah bencana, kita juga mengharapkan relawan Sibat ini menjadi relawan Donor Darah yang bisa membantu kita dalam penyediaan stok darah khususnya,” ujarnya. (Budiman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *