Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

USAID dan Bappenas Apresiasi Kinerja Walikota Tebing Tinggi

IMG-20240409-WA0076

Tebing Tinggi, TRIBRATA TV

USAID Indonesia mengapresiasi kinerja Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, terkait masalah sanitasi, air bersih dan hidup higienis. Hal ini disampaikan Direktur Lingkungan USAID Indonesia Mathew Burton dalam acara penutupan program USAID IUWASH PLUS di Wilayah Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/4/2021) Mahogany Ballroom, Apartemen Grand City Hall Medan, Jalan Balaikota, Medan.

IMG-20240227-124711

USAID menilai selama kepemimpinan H. Umar Zunaidi Hasibuan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi berhasil membangun Instalasi Pengelolaan Limbah Terpadu (IPLT), membuat Perwal untuk sanitasi perkotaan, Perwal percepatan akses sanitasi, air minum dan penanganan genangan.

“Tebing Tinggi concern mengatasi masalah sanitasi dan air bersih di wilayahnya, kami sangat apresiasi ini dan patut dicontoh daerah lainnya di Sumut. Saat ini Tebing Tinggi menginisiasi untuk pembangunan SPAM regional Seriti (Serdangbedagai-Tebing Tinggi) untuk penyediaan air minum di dua daerah ini. Kita harap program ini terus berlanjut kedepannya dan semakin baik,” kata Mathew Burton usai acara secara virtual.

Dalam acara tersebut Walikota mendapat kesempatan menjadi narasumber acara tersebut.

Ia menjelaskan mewujudkan IPLT di Tebing Tinggi berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Hal ini dilakukan karena sistem IPLT butuh dana yang tidak sedikit.

Tidak hanya membangun IPLT, Tebing Tinggi juga memanfaatkan limbah tinja menjadi kompos yang bernilai ekonomis. Kompos jenis ini cukup ramai peminat dan permintaan kepada Tebing Tinggi masih terus datang.

“Sampah, termasuk limbah tinja memiliki nilai ekonomis yang lumayan. Kami sampai-sampai tidak bisa memenuhi permintaan dari daerah lain. Bila dulu itu jadi masalah, sekarang kita ubah menjadi bernilai ekonomis,” katanya.

Konsistensi Tebing Tinggi membangun kotanya juga mendapat apresiasi dari Bappenas yang disampaikan Direktur Perumahan dan Pemukiman Kementerian PPN/Bappenas Tri Dewi Virgiyanti. Tebing Tinggi berhasil mendapat penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian PP dan PA serta penghargaan Swastisaba Wistara kategori Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri.

“Upaya yang dilakukan Tebing Tinggi dalam membangun kotanya perlu diapresiasi. Mereka banyak membuat terobosan-terobosan baik dalam bidang sanitasi, air bersih, hidup higienis dan juga sosial. Ini patut dicontoh daerah lainnya,” kata Tri Dewi Virgiyanti.

Hadir pada acara puncak penutupan program IUWASH Plush Wilayah Sumut, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Sekda Provinsi Sumut R. Sabrina dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Selain itu, juga hadir Chief of Party USAID IUWASH Plus Mr. Bill Parente dan Acting Principal Officer Konsul Amerika Serikat di Medan Jessica Panchatha dan bupati /walikota se-Sumut secara virtual.

Kadis PU Rusmiyati Harahap, Kadis Kominfo, Dedi Parulian Siagian, Kepala Bapedda Kota Tebing Tinggi Erwin Suheri Damanik, Kabag Protokol Zizi Rangkuti, Dirut PDAM Kharuddin. (Ibnu Sihombing)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *