Ditpolairud Polda Sumsel Razia Speedboat Penumpang

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Direktorat Polairud Polda Sumsel menggelar razia dengan memeriksa kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Penumpang Sei Lais kota Palembang Kecamatan Kalidoni Palembang, Kamis (6/4/2023).

IMG-20240227-124711

Kegiatan tersebut dipimpin Kasubdit Gakkum AKBP Rahmad Sitohang didampingi Kasi Intel Air Subdit Gakkum Kompol Rio Artha, Kanit 1 Intel Air subdit Gakkum, Kanit 2 intel Air Subdit Gakkum dan 10 personil Subdit Gakkum serta personil Provos Dit Polairud.

Saat dikonfirmasi, Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Andreas Kusmaedi mengatakan razia tersebut sesuai arahan dan perintah Kapolda Sumsel pada apel hari Senin 3 April 2023 kemarin.

“Sesuai arahan pimpinan, tentang langkah-langkah antisipatif dalam kesiapan pengamanan arus mudik menjelang hari besar keagamaan Paskah dan Lebaran,” ujarnya.

“Razia mengedepankan tindakan Pre-emtip dan Preventif berupa himbauan maupun teguran kepada nahkoda Speed boat yang membawa penumpang berkaitan dengan tertib administrasi kapal serta ‘over capacity passanger boat’ yang kerap terjadi,” terang Kombes Andreas.

Menurutnya personil memeriksa dokumen kapal, seperti sertifikat kelayakan kapal, izin angkutan barang serta surat kecakapan kapal.

“Pengecekan kelengkapan kapal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mendeteksi tindak pidana perairan dan kejahatan lainnya,” katanya.

“Razia kali ini, berhasil mengamankan 3 speed boat penumpang yang tidak dilengkapi dengan surat kapal dan surat Nahkoda dan diminta untuk melengkapi surat-surat terlebih dahulu,” tegasnya.

“Adapun speedboat penumpang yang diamankan dengan nama lambung, Speedboat Kalpin, Speedboat Sei Sembilang, dan Speedboat Semoga Abadi,” ucap Andreas. (suherman)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *