IMG-20240501-WA0019

Pemkab Sitaro Desak PT Telkom Segera Pulihkan Jaringan Internet

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Jaringan internet di wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara belum juga stabil. Karenanya banyak masyarakat mengeluhkan aktivitas dan pekerjaan mereka terganggu.

IMG-20240227-124711

Diketahui jaringan internet mengalami gangguan karena Kabel Fiber Optik (FO) yang putus. Sebelumnya ditargetkan pemulihan jaringan internet di Sitaro dapat rampung pada November 2021 lalu, namun karena beberapa kendala sampai saat ini kondisi jaringan pun belum kunjung stabil.

Berdasarkan informasi yang didapat dari halaman resmi facebook Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang dikelola oleh Tim Pengelola Media Publikasi Dinas Kominfo, Sabtu (26/03/2022) bahwa saat ini Kapal Pasific Guardian sedang berada di lokasi perbaikan kabel.

Informasi dari lapangan menyampaikan terkait gangguan koneksi internet Kapal Pasific Guardian yang sedang berada di Anchorage area wilayah Tahuna
pada dini hari, dan pada hari ini juga telah terjadi insiden yaitu putusnya tali pemancing kabel. Akibat dari ini kebutuhan material kabel pun bertambah beserta tali pemancing kabelnya. Seiring dengan itu pihak PTI LTI sedang berupaya mencari tali tambahan dan melengkapi kekurangan kabel.

Insiden ini tentunya sangat berdampak bagi aktivitas masyarakat misalnya dalam memperoleh informasi, menghambat dalam transaksi online, para pelajar yang kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh dan pastinya kegiatan ekonomi masyarakat juga terdampak.

Didalam laman info itu juga menyebutkan pihak PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) sebagai badan usaha pengelola Palapa link akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan seperti semula. Juga mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sitaro sehigga diberikan kelancaran dalam proses perbaikan agar masalah jaringan ini dapat segera diperbaiki dan akan stabil kembali.

Senada dengan itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro tetap gencar dalam melakukan komunikasi dengan PT. LTI untuk mengatasi permasalah yang dimaksud.

Saat tim media TRIBRATA TB mengunjungi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro, Gandawari Mulalinda pada Jumat (25/03/2022), ia mengatakan pemerintah daerah tetap memperjuangkan kemelut jaringan yang lumayan memakan waktu lama dan membuat perekonomian masyarakat khususnya UMKM terhambat.

“Warga kiranya tetap bersabar, kami pemerintah daerah sementara berusaha dan memperjuangkan agar jaringan dapat lancar kembali, “tuturnya.

Pemerintah daerah pada beberapa waktu lalu juga telah melayangkan surat komplain kepada PT. Telkom Witel Sulut Malut untuk segera mungkin memperbaiki layanan internet yang ada di negeri 47 Pulau ini agar masyarakat Kabupaten Sitaro dapat kembali menikmati akses internet seperti semula. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *