Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

HUT Ke-25 Kabupaten Toba, DPRD Gelar Rapat Paripurna

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Menyambut Hari Jadi Kabupaten Toba Ke-25, DPRD Toba adakan Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jalan Sutomo Balige yang dihadiri Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus, Sabtu (9/3/2024).

IMG-20240227-124711

Ketua DPRD Toba, Efendi Napitupulu SP didampingi Wakil Ketua Candrow manurung dan Mangatas Silaen dalam pembukaannya, mengatakan Kabupaten Toba dibentuk berdasarkan UU No.12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Tobasa dan Kabupaten Tingkat Dua Mandailing Natal dan diresmikan Mendagri pada tanggal 09 Maret 1999.

Perubahan nama Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten Toba berkat adanya kolaborasi dan kesepakatan dengan DPRD Toba.

“Diketahui tanggal 24/03/2020 Kabupaten Tobasa resmi berganti nama menjadi Kabupaten Toba sesuai Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2020 yang saat itu bupatinya Darwin Siagian,”ucap Effendi.

Effendi juga mengajak masyarakat untuk tetap mensyukuri, bahwa kita masih bisa merayakan Hari Jadi Toba yang ke 25 tahun untuk mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba kali ini mengangkat tema “Bangkit bergerak tampil menjadi pemenang” dan Sub tema Satu tekad dengan etos kerja Hibas, Padot,Togos (Hipas).

“Kita harus bangga Pariwisata di Toba sudah dikenal di dunia internasional, dua kali sudah sebagai tuan rumah Powerboat F1 di Balige, Jetski Aquabike, dan tentunya Perahu Dayung atau Solu Bolon,” ucap Effendi.

Ia sepakat dengan tujuan utama dimekarkannya Kabupaten Toba dari Kabupaten Tapanuli adalah untuk diberi kewenangan yang seluas luasnya mengatur rumah tangga sendiri sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, dan untuk mempercepat fungsi pelayanan di bidang penyelengara pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Baru saja kita lewati Pileg dan Pilpres, tetap semangat bagi rekan-rekan DPRD Toba, semua demi kemajuan Kabupaten Toba,” ujarnya.

Effendi mengajak pertahankan dan jaga kepercayaan pemerintah pusat kepada daerah, tentunya Pemkab Toba dan DPRD akan mendukung acara-acara yang bisa mengangkat Kabupaten Toba di kancah nasional dan internasional.

“Sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Toba bersama dengan masyarakat bergandengan tangan untuk bangkit bergerak dan tampil menjadi pemenang untuk menyambut Danau Toba sebagai kawasan super perioritas, ” tutupnya.

Turut hadir Bupati Toba Poltak Sitorus, mantan Bupati Sahala Tampubolon, Kasmin Simanjuntak, Darwin Siagian, Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal, Kapolres diwakili Kompol B Simarmata, Kejari diwakili Staff, Jajaran OPD, rekan LSM dan Wartawan.

Usai rapat paripurna dilanjutkan berjabat tangan mengucapkan Selamat Ultah ke 25 tahun Toba dan dilanjutkan Perayaan di Venue Balige.

IMG-20240310-WA0073