Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Ratusan Warga Balige Ikut Takbiran Keliling

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Ratusan warga berkumpul di Mesjid Al Hadhonah, sebuah masjid yang berada tengah Kota Balige di Jalan Masjid nomor 1 A Kelurahan Napitupulu untuk mengikuti Takbiran Keliling. Kegiatan ini diadakan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al Hadhonah yang dimulai sekitar pukul 20.30 wib, Selasa (9/4/2024).

IMG-20240227-124711

Tampak rombongan Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus didampingi Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus serta Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya bersama jajaran dan menyapa warga.

Kedatangan rombongan disambut pengurus BKM, Bangun Sibarani,Hamzah Hasibuan, Pollo Harahap dan ratusan jamaah Al Hadhonah Balige.

Ketua BKM Bangun Sibarani mengatakan, Malam Takbiran Keliling merupakan Kegiatan rutin setiap tahun. “Kami sangat berterimakasih atas kehadiran Bupati Toba Poltak Sitorus beserta rombongan, Bapak Kapolres Toba AKBP Wahyu beserta rombongan,” ujarnya.

Menurutnya, Malam Takbiran Keliling ini digelar menandai usai sudah sebulan penuh berpuasa. Semoga ibadah yang sudah dijalani akan membawa pahala.

“Kali ini agak berbeda,biasanya kami malam takbiran keliling hingga Laguboti, tahun ini kita keliling seputaran Kecamatan Balige,” ucap Bangun.

Sedang Bupati mengaku sangat senang bisa hadir dan bersama mengikuti takbiran di Masjid Al Hadhonah Balige.

“Pawai keliling menyerukan ke seluruh dunia kalau kita sudah menang akan melaksanakan puasa 1 bulan penuh. Mari bergembira dan rayakan dengan bersorak-sorai dengan Keliling sekitaran Balige”,ucap Poltak.

Sementara AKBP Wahyu Indrajaya didampingi Wakapolres B.Simarmata mengatakan, bulan puasa adalah bulan suci penuh pahala bagi saudara/i kami beragama Muslim.

“Tentunya tugas kami menjaga keamanan dan ketertiban. Kami juga memberikan jaminan kamtibmas selama puasa, termasuk malam takbiran dan shalat Ied besok berjalan aman dan kondusif. Silahkan dirayakan dengan gembira dan penuh sukacita,” katanya.

Ia juga mengucapkan segenap keluarga besar Polres Toba menyampaikan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan rayakan kemenangan di bulan penuh berkah. Sebagai informasi kami juga di Polres sendiri akan melaksanakan Sholat Ied di halaman Mapolres Toba, besok.

Hadir Setdakab Toba Augus Sitorus, Asisten I Eston Sitohang, Kadis Kesehatan dr.Freddy Sibarani, Kadishub Sikkat Sitompul, jajaran pemkab toba, Setwan Dprd Toba, D.Manullang, Sub Denpom 1/2-6 Balige, Satpol PP, Camat Balige Partogi Tambunan dan Ratusan Jama’ah Alhadhonah Balige.

Dari pantauan rute perjalanan Takbiran Keliling dimulai dari Masjid Al Hadhonah Balige menuju Bundaran DI Panjaitan – Mulia Raja- Pemuda – Bukit Barisan – Siliwangi – Pemandian – Sutomo – Soposurung – Patuan Nagari – Paindoan Bioskop Antara – Gereja – Cornel Simanjuntak (Kuburan Muslim) – Op.Batu Tahan Siahaan – GHM Siahaan – Juara Monang – Jalinsum Sibulele – Simpang Kompi 125 S’Mbisa – Masjid Parsuratan – Simpang By Pass Matio -By Pass Tambunan – Simpang 4 laguboti – Kembali Jalinsum Balige Sisingamangaraja – Masjid Alhadhonah Balige.

IMG-20240310-WA0073