Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Bumdesma Mahakarya Cluring Diterima Peserta

IMG-20240409-WA0076

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Mahakarya menggelar Musyawarah Antar Desa Pertanggung Jawaban (MAD PJ) tahun 2022 yang dihadiri semua pengurus,Dewan Penasihat, Kepala Desa, Pengawas, Pendamping dan delegasi dari masing-masing desa di Waterpark Kecamatan Cluring Banyuwangi, Rabu (8/3/2023).

IMG-20240227-124711

MAD PJ dibuka DPMD Kabupaten Banyuwangi, Imam Solikin yang mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Bumdesma Mahakarya Cluring yang pengelolaanya terus berkembang dan maju.

“Surplus untuk Bumdesma Mahakarya Cluring ada penurunan dari tahun kemaren, karena kita semua tahu kondisi tahun-tahun ini kondisi ekonomi belum pulih seratus persen pasca Covid-19,” jelas Imam Solikin.

Selanjutnya penyertaan modal dari masing-masing desa yang nilainya Rp5 juta, SHUnya nanti akan masuk ke APBDes. Sementara untuk aset Bumdesma masuk ke sosial yang dipergunakan untuk masyarakat miskin.

BACA JUGA  Peninggalan Belanda Masih Kokoh, Bak Air di Tanjungpinang Perlu Ditetapkan Cagar Budaya

Ketua Dewan Penasihat Bumdesma Mahakarya, Sunarto,SE yang juga Kepala Desa Cluring ketiga dihubungi lewat sambungan telpon menyampaikan harapannya, agar di tahun 2023 setelah pasca Covid-19 menjadi endemi, lebih meningkatkan kinerja pengurus, lebih giat lagi menangani permasalahan tunggakan-tunggakan di masing-masing kelompok karena dampak Covid-19 di tahun- tahun lalu.

“Kita libatkan semua pengurus yang ada untuk lebih aktif dan peduli terhadap perkembangan Bumdesma agar target rencana pendapatan di tahun 2023 akan tercapai dan tunggakan atau kolektibilitas bisa menurun,”jelas Sunarto.

Dalam mengembangkan usaha dan peningkatan produktifitas Bumdesma pada semester kedua tahun 2023 ini direncanakan membentuk PTLKM,imbuhnya.

BACA JUGA  Irwansum Polri Kunjungi Polda Aceh

Ahmad Fauji Junaidi sebagai Ketua Pengawas Bumdesma Mahakarya memaparkan terkait kinerja dari pelaksana operasional cukup baik dan hasil audit tiap bulan sudah sesuai semua dengan buku administrasi,buku bank dan neraca keuangan, tidak ada selisih atau kesalahan.

“Capaian-capaian Bumdesma antara lain, untuk jasa pengembalian paling kecil dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Banyuwangi, untuk dana sosial kepada masyarakat paling besar untuk tahun-tahun sebelumnya dan juga tunggakan atau kolektibilitas masih dibawah prosentase yang menjadi ketentuan peraturan yang ada,” tambahnya.

Direktur Bumdesma Mahakarya Cluring, Yuda Yogatama menjelaskan,melalui MAD selain disampaikan LPJ juga disampaikan rencana tahun 2023.

“Untuk rencana tahun 2023 pelaksana operasional kali ini merencanakan target pendapatan dengan optimis bukan pesimis, dengan meningkatkan jumlah perguliran dengan cara membentuk kelompok-kelompok peminjam baru di masing-masing desa,” katanya.

BACA JUGA  Korem 033/WP Gelar Upacara Peringati Hari Juang TNI AD Ke 77

Dengan melibatkan peran Dewan Penasehat yang lebih aktif lagi,karena Dewan Penasehatnya adalah semua kepala desa se Kecamatan Cluring.

“Semua kepala desa diharapkan bisa membentuk kelompok-kelompok peminjam baru di desanya agar capaian perguliran lebih bisa maksimal lagi sesuai rencana untuk tahun tahun 2023 sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan dialokasikan untuk pemupukan modal,operasional kelembagaan dan pelatihan kelompok juga dana sosial untuk masyarakat yang sudah diatur dalam AD/ART,”jelasnya.

Dalam MAD Pertanggung Jawaban Bumdesma Mahakarya Cluring, semua peserta menerima laporan pertanggung jawabam tahun 2022. (Irawan)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *