Lapas Lubuk Pakam Gelar Perekaman Biometrik e- KTP Bagi WBP

IMG-20240409-WA0076

Deli Serdang, TRIBRATA TV

Bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Deli Serdang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Pakam Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar perekaman e-KTP bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Senin (06/03/2023).

IMG-20240227-124711

Kegiatan ini diadakan di aula Dr. Saharjo Lapas Lubuk Pakam Kanwil Kemenkumham Sumut, yamg dihadiri Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data (Dukcapil) Erwin Sumbayak ST.

Dalam proses perekaman e-KTP warga binaan wajib memenuhi syarat-syarat serta yang ingin melakukan pembaruan data mengingat KTP bagi warga binaan sangat penting dan dibutuhkan sebagai salah satu data administrasi warga binaan selama menjalani masa hukuman di Lapas Lubuk Pakam.

BACA JUGA  Polrestabes Medan Adakan Syukuran

Kalapas Lubuk Pakam, Alanta Imanuel Ketaren mengatakan perekaman e-KTP ini dilakukan untuk menunjang kegiatan di Lapas Lubuk Paka maka dilakukan kerja sama antara Lapas Lubuk Pakam dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Deli Serdang. “Perekaman e-KTP ini dilakukan bagi warga binaan yang belum memiliki e-KTP,” ujar Kalapas.

Alanta Ketaren juga mengatakan per hari ini jumlah warga binaannya saat ini mencapai 1.504 orang. Dari jumlah tersebut, yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 130 warga binaan.

BACA JUGA  Pos Pam Nataru Polsek Medan Kota Siap Diaktifkan

“Kami perlu melakukan pengecekan secara mendetail berdasarkan nama, tanggal lahir, yang kemudian dicocokkan dengan foto apabila pernah melakukan perekaman, jika belum atau tidak ditemukan dalam sistem akan dilakukan perekaman,” urai Alanta Imanuel Ketaren.

Sementara Kasi Binadik dan Giatja Edward P Situmorang menambahkan e-KTP berguna sebagai identitas kependudukan bagi warga binaan dalam pengurusan di segala lini.

BACA JUGA  20 KK Desa Tarabunga, Toba Terima BST

“Sebagai contohnya pada pengurusan BPJS memerlukan e-KTP dalam proses pendaftaran, terlebih sebentar lagi akan diadakan Pilkada dan Pemilihan Umum serentak untuk memenuhi hak politik bagi warga binaan”, sebutnya. (Febri)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *