Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Poldasu Kerahkan 1.015 Personil, 30 CCTV dan Design Keamanan Efisien di F1H20 Balige

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Event internasional F1 Powerboat 2024 (F1H20) yang berlangsung tanggal 1-3 Maret 2024 memiliki model dan cara yang berbeda dalam segi pengamanan. Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) mengerahkan 1.015 personel dan memasang 30 titik CCTV untuk mengamankan event yang berlangsung untuk kedua kalinya di Balige Kabupaten Toba ini.
Pengamanan dilaksanakan disepanjang Kota Balige hingga venue F1H20.

IMG-20240227-124711

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi dalam jumpa pers di Mess Pemprovsu Balige, Sabtu (2/2/2024) mengatakan, pengamanan F1H20 yang kedua kalinya ini tidak berbeda jauh dengan yang pertama tahun 2023.

“Pengamanan dengan mengerahkan 1.015 personel Polri dan 30 titik CCTV di sepanjang lokasi acara. Kita juga menggunakan teknologi face recognition (identifikasis wajah) dalam ajang balap perahu motor internasional F1 ini,” kata Kapolda.

Mengenai titik parkir mobil tetap diarahkan di Tambunan dan By Pass Balige dan akan diantar dengan bus transit hingga bundaran Jalan DI Panjaitan Balige. Untuk tamu undangan baik VIP dan VVIP sudah disediakan kantong-kantong parkir ditengah kota.

“Tahun ini pengamanan lebih detail, efisien dan mengedepankan polisi humanis khususnya Polisi Pariwisata. Kita pastikan event dihari pertama berjalan sesuai prosedur hingga hari kedua besok. Kita tidak berpatokan hanya orangnya saja, berdasarkan sistem kita bisa bekerjasama dengan penyelenggara,” ujar Agung.

Tujuan utama event internasional yang diselenggarakan Injourney dan Pemkab Toba adalah bisa diperkenalkan olahraga air (Sport Tourism) dan kedepan Indonesia bisa memiliki atlit F1 Powerboat.

Sebagai informasi acara perlombaan F1 powerboat berlangsung sejak pagi pukul 8 hingga selesai, dilanjutkan jet ski dan perahu dayung (Solu Bolon). Acara juga dihibur artis ibu kota seperti Ada Band, Radja dan Wali sampai malam. “Jadi silahkan masyarakat Toba maupun luar daerah datang menikmati acaranya,” ujarnya.

Menurutnya selama acara berlangsung baik penginapan, hotel dan homestay tetap penuh. “Tahun lalu masyarakat sulit masuk, tahun 2024 kita permudah akses masuk. Selanjutnya saat monitor tadi pagi, jalan begitu bersih, jadi tolong diingatkan pihak Pemkab tetap jaga kebersihan dan akan melekat di masyarakat Toba dalam menjaga kebersihan. Mohon dukungan doa dan saling memberikan support amang inang, agar kiranya acara berjalan baik dan lancar”,tutup agung.

Sementara Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim juga menyatakan, event F1 powerboat dihari pertama berjalan baik. “Kedatangan pengunjung juga tidak ada yang menonjol dan terlihat mulai berdatangan hingga sore ini. Nanti malam ada konser band Wali agar tetap dimonitor akan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung,” kata Yusuf.

Acara F1 Powerboat berlangsung selama dua hari berlangsung kondusif dan pada hari Minggu merupaka hari terakhir acara.

Pantauan TRIBRATA TV online para pengunjung belum mengetahui jam berapa bisa memasuki lokasi venue Balige secara bebas. Sementara informasi yang didapat dari panitia diatas jam 12 siang pengunjung sudah bisa memasuki venue. Artinya para pengunjung yang sudah memiliki tiket venue sudah bisa menikmati tiap-tiap kegiatan sejak pagi hari.

Tampak ratusan stand mengisi lokasi acara baik didalam maupun diluar venue F1H20.

IMG-20240310-WA0073