IMG-20240501-WA0019

Kapolres Sinjai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2022

IMG-20240409-WA0076

Sinjai, TRIBRATA TV

Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rachmat Sumekar memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan di halaman Mapolres Sinjai, Selasa (1/3/2022).

IMG-20240227-124711

Kegiatan dihadiri pejabat Pemkab Sinjai, pejabat Utama Polres Sinjai, para Kasat, Kapolsek dan perwira staf Polres Sinjai.

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Keselamatan 2022, kepada 3 anggota perwakilan dari Satuan lalu lintas Polres Sinjai, Sat Pol.PP dan Dinas Perhubungan.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres S membacakan amanat Dir Lantas Polda Sulsel Kombes Pol. Faizal yang intinya menyampaikan bahwa Polri telah menetapkan kalender Operasi Keselamatan rutin setiap tahun. Operasi Keselamatan Tahun 2022 merupakan operasi cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1443 H ditengah mewabahnya Covid-19 dengan mengutamakan cara persuasif humanis pada pelaku pelanggar lalu lintas dan protokol kesehatan.

“Operasi Mandiri Kewilayahan Keselamatan 2022 dilaksanakan selama 14 hari, mulai hari Selasa tanggal 1 sampai 14 Maret 2022 secara serentak di seluruh indonesia,” katanya.

“Ada 7 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran penindakan yaitu pengemudi yang menggunakan HP, pengemudi yang masih dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan dalam pengaruh alkohol, melawan arus, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt,” tegasnya.

Namun pada tindakan tersebut tetap mengedepankan tindakan persuasif humanis serta melakukan penindakan terhadap truk Odol (Over dimensi dan Over loading) yang berpotensi terjadinya laka lantas.

“Dalam penanganan pelanggaran dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar. Juga diharapkan pada Operasi Keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kapolres.

Setelah apel gelar pasukan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas baik roda empat maupun roda dua sebagai sarana prasarana pendukung operasi. (syahrir)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *