Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Terkait Perangkat Desa Silagalaga, Warga dan Komisi A DPRD Humbahas Capai Kesepakatan

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Puluhan warga Dusun Tiga Desa Silagalaga Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menolak rencana pelantikan perangkat Dusun Tiga.

IMG-20240227-124711

Alasan keberatan mereka, perangkat dusun atas nama Berliana Munte, bukan penduduk dusun tersebut. “Dari pada dilantik, lebih baik perangkat dusun kosong saja,” ujar mereka.

Hal ini disampaikan warga dihadapan Ketua Komisi A DPRD Humbahas, Daniel Banjarnahor dan anggota Guntur Simamora, Martini br Purba, br Simarmata dan Moratua Gaja, Senin (20/2/2023).

Rapat ini dipimpin langsung Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol.

Pada kesempatan itu Ramses memberikan solusi agar perangkat desa tersebut dilantik dulu sehingga aturan dan peraturan pemerintah berjalan sesuai prosedur yang berlaku.

Sementara Daniel Banjarnahor mengatakan, mempedomani Permendagri yang menyatakan harus ada dua orang pemenang seleksi dan nantinya pemilik nilai tertinggi yang akan dilantik.

Kepala Desa Silagalaga Rawati Pasaribu menyampaikan alasan tidak dilantiknya perangkat desa Dusun Tiga Silagalaga atas permintaan rakyatnya.

“Saya telah melaporkan keberatan rakyat kepada Camat, Dinas PMDP2A hingga ke kantor DPRD ini,” ujarnya.

Melalui forum dengar pendapat ini ia menyatakan siap melaksanakan keputusan yang diambil pada rapat ini.

Akhirnya semua anggota Komisi A membuat keputusan yang bersifat saran agar Kepala Dusun Tiga Silagalaga untuk dilantik namun akan dievaluasi kinerjanya enam bulan kedepan.

Sementara Mantan Camat, Eliabzan Sihotang menjelaskan kedatangan masyarakat ke kantor DPRD sangat positif. “Biarkan kepala dusun dimaksud untuk dilantik namun bijaklah enam bulan kedepan lakukan evaluasi kinerjanya,” katanya.

RDP ini akhirnya memutuskan 2 poin yakni Kepala Dusun Tiga Desa Silagalaga akan dilantik dan 6 bulan kedepan akan dievaluasi kinerjanya. Keputusan ini pun akhirnya disepakati warga. (tbh mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *