Proyek Miliaran SPAM IKK Ajamu Jadi Rumah Hantu

IMG-20240409-WA0076

Labuhanbatu, TRIBRATA TV

Proyek air minum Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Direktorat Cipta Karya Direktorat Pengembangan Air Minum yang terletak di Dusun II Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu Propinsi Sumatera Utara terbengkalai.

IMG-20240227-124711

Proyek pengembangan air minum yang berasal dari dana hibah bantuan Hongaria dengan menelan anggaran miliaran rupiah itu dikerjakan PT Artha Envirotama namun belum difungsikan.

Seorang warga, Khoer Nasution mengaku sudah sangat menanti kehadiran air bersih di rumahnya. Pasalnya, meteran dan pipa air sudah lama terpasang namun sampai saat ini belum ada air mengalir.

BACA JUGA  Gandeng Pemko, Polres Tanjung Balai Vaksinasi 560 Warga

Sementara Iwan Nasution warga sekitar lokasi SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) mengatakan, belum lagi difungsikan sejumlah alat-alatnya SPAM itu sudah banyak yang hilang.

“Perlengkapan alat penyedot air, sempat tiga bulan jatuh ketengah Sei Berumun. Lantai besi plat betonnya sudah hilang, bahkan peralatan di dalam pagar sudah ada yang diganti karena hilang,” katanya.

Menurutnya, pembuatan bak air serta perlengkapan mesin penyedot air, sangat besar biayanya, mencapai Rp1,5 miliar.

BACA JUGA  Belasan Pasangan Bukan Suami Istri Tertangkap Razia Polsek Patumbak

Ia mengaku turut memperbaiki bagian pengisap air. “Empat hari untuk perbaikannya,” katanya.

Pantauan dilokasi, tampak areal dalam pagar sebagian sudah ditumbuhi rerumputan. Bagian pagar tembok belakang yang langsung ke Sungai Berumun sudah ada yang miring. Juga sudut belakang tembok pagar sudah mulai terancam longsor.

Dudek yang pernah dipercaya sebagau penjaga SPAM ini mengaku sudah satu tahun lebih bangunan ini tidak ada penjaga. “Barulah dua bulan terakhir dijaga kembali,” katanya.

BACA JUGA  Kapolres Madina Hadiri Syukuran Peresmian Kantor Baru Baznas

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPRD Labuhanbatu, Mbelin Juahta Tarigan, berharap agar secepat penyaluran air bersih dapat terealisasi.

“Dengan adanya PAM tersebut, memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Zaid Harahap, Plt Kadis PDAM Tirta Bina Kabupaten Labuhanbatu tidak bisa berkomentar atas terbengkalainya bangunan ini. “Saya baru menjabat,” dalihnya.

Dikabarkan proyek ini ditangani Dinas PU Provinsi Sumut. (kholik)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *