IMG-20240501-WA0019

Bandara Taman Bung Karno Akan Diresmikan 18 Februari

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Harapan masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) ingin menikmati penerbangan, kata lain terbang dengan burung besi akan segera terkabulkan.

IMG-20240227-124711

Maskapai penerbangan PT Semuwa Aviasi Mandiri atau Sam Air selaku penyedia jasa penerbangan telah menandatangani kontrak Subsidi Angkutan Udara Perintis Penumpang 9 Rute tahun anggaran 2024 dengan Pihak Kementrian Perhubungan pada Kamis (1/2/2024) kemarin.

Dalam hal ini, di waktu yang sama pula pihak Vendor PT Mega Basana Nusantara telah menandatangani MOU atau kontrak kerja sebagai pemasok atau penyedia bahan bakar bersubsidi. Penandatanganan kontrak ini dilakukan di BLU UPBU Djalaludin Gorontalo.

Terpisah, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Joi E B Oroh, melalui Kepala Dinas Perhubungan, yang selalu dekat dengan media, Indra Purukan menyampaikan, dengan adanya penandatanganan kontrak itu, maka telah disepakati juga untuk peresmian penerbangan ke Bandara Taman Bung Karno pada 18 Februari di Gorontalo, dan 19 Februari di Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Kemungkinan pada seremonial penerbangan itu akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (OD),” ujar Indra Purukan, Jumat (2/2/2024).

Itupun, Indra mengaku untuk jadwal penerbangan domestik umum masih belum diketahui akan dibuka kapan. “Saat ini, masih dilakukan uji terbang untuk ke Bandara Bung Karno,” katanya.

Tidak kalah penting menurut Indra lagi, “Secara umum kesiapan pelaksanaan angkutan udara perintis ini sudah sangat siap. Baik itu personel, fasilitas, ground handling, mobilisasi pesawat, maupun aspek promosi itu semua siap. Bisa saja saat peresmian itu sudah dibuka umum untuk penerbangan domestik,” katanya lagi.

Lebih lanjut, untuk jenis pesawat yang akan digunakan adalah Twin Otter atau Cessna Caravan, dengan jumlah penumpang sebanyak 19 orang sudah termasuk dengan kru dan teknisi.

Menurutnya, kemungkinan jumlah seat penumpang pesawat perintis tersebut ada sebanyak 17 seat penumpang. Ia menambahkan, saat Bandara Bung Karno ini beroperasi, maka tarif awal yang sudah ditetapkan cukup ramah di kantong bagi masyarakat.

“Karena ini bersubsidi, maka biaya tarif angkutan murah. Hal ini juga menjadi upaya, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah untuk menghadirkan sarana transportasi udara yang memadai sekaligus terjangkau bagi masyarakat di Kabupaten Sitaro,” katanya kembali.

Inilah Rencana Daftar Tarif Penerbangan
– Naha Tahuna – Siau Rp212.590
– Siau-Naha Tahuna Rp207.590
– Siau-Sam Ratulangi Rp274.190
– Sam Ratulangi-Siau Rp361.310

IMG-20240310-WA0073