Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

MAD PJ Bumdesma Mahakarya Cluring Tahun 2023 Diterima Peserta

IMG-20240409-WA0076

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Bumdesma Mahakarya menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggung Jawaban tahun 2023 yang dihadiri oleh semua pelaksana operasional, Dewan Pengawas, Dewan Penasehat/semua kepala desa, pendamping kabupaten,kecamatan dan semua delegasi dari perwakilan semua desa se Kecamatan Cluring, Kamis (29/2/2024).

IMG-20240227-124711

MAD Pertanggung Jawaban Bumdesma Mahakarya yang diadakan di Aula Kantor Kecamatan Cluring Banyuwangi, dibuka Sekcam Cluring, Titik Handayani. Dalam sambutannya ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus Bumdesma Mahakarya Cluring yang pengelolaannya terus berkembang dan maju.

“Surplus untuk Bumdesma Mahakarya Cluring untuk tahun 2023 terpenuhi seratus persen dari rencana. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi para pengurus Bumdesma Mahakarya Cluring,”ucap Titik Handayani.

Lebih lanjut Sekcam Cluring menyampaikan, rencana tahun 2024 kalau sudah sesuai dengan keadaan di masyarakat untuk disetujui. Juga untuk tahun 2024 agar tunggakan bisa ditekan lagi dan untuk pinjaman jangan digunakan untuk keperluan konsumtif.

Ketua Dewan Penasehat Bumdesma Mahakarya Cluring Sunarto,SE, menyampaikan harapannya agar di tahun 2024 untuk lebih meningkatkan kinerja terutama untuk menangani tunggakan yang terus naik.

“Kita libatkan semua pengurus yang ada untuk lebih aktif dan peduli terhadap perkembangan Bumdes ini agar target- target yang sudah direncanakan bisa tercapai sehingga bisa menambah untuk pemupukan modal dan dana sosial,”jelas Sunarto.

Sementara Ahmad Fauji Junaidi selaku Ketua Dewan Pengawas Bumdesma memaparkan terkait kinerja dari pelaksana operasional cukup baik dan hasil audit tiap bulan sudah sesuai dengan buku administrasi,buku bank dan neraca keuangan tidak ada selisih.

“Capaian-capaian Bumdesma Mahakarya Cluring antara lain,target pendapatan dana bergulir SPP terpenuhi 93,70 %, pendapatan UEP terpenuhi 212,27 %, Surplus terpenuhi 99,24%,perguliran Dana SPP terpenuhi 83,13%,untuk jasa pengembalian paling kecil dengan kecamatan- kecamatan lainnya di Banyuwangi, untuk dana sosial yang diberikan kepada masyarakat paling besar untuk tahun-tahun sebelumnya,”jelas Ketua Dewan Pengawas.

Direktur Bumdesma Mahakarya Cluring Yuda Gautama menjelaskan,melalui (Musyawarah Antar Desa) MAD selain disampaikan LPJ juga disampaikan Rencana Anggaran tahun 2024. Untuk rencana tahun 2024 pelaksana operasional merencanakan target pendapatan dengan Optimis bukan Pesimis dengan cara meningkatkan jumlah perguliran dengan membentuk kelompok- kelompok baru di semua desa di Kecamatan Cluring.

Dengan melibatkan peran semua kepala desa lebih aktif lagi,karena Dewan Penasehatnya semua kepala desa se Kecamatan Cluring.

“Semua kepala desa diharapkan bisa membentuk kelompok-kelompok peminjam baru agar capaian perguliran lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan SHU ( Sisa Hasil Usaha) yang akan dialokasikan untuk pemupukan modal, operasional, pelatihan kelompok dan dana sosial untuk masyarakat yang tidak mampu yang sudah diatur dalam AD/ART Bumdesma MAHAKARYA Cluring,”jelas Yuda Gautama.

Ketua BPD Desa Sarimulyo Firly, mengapresiasi capaian-capaian oleh Bumdesma Mahakarya Cluring tahun 2023 yang semua terpenuhi hampir 100%.

Para peserta Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggung Jawaban Bumdesma Mahakarya Cluring,semua peserta menerima MAD PJ tahun 2023.

IMG-20240310-WA0073