IMG-20240501-WA0019

Pelantikan Partogam dan Generasi Muda Tingkat Kecamatan-Desa Diwarnai Seminar Nasional

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Dr. Pardomuan Simanullang, M.Pd menyebut Partogam harus menjadi punguan (organisasi) yang selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

IMG-20240227-124711

Hal itu disampaikan saat melantik pengurus Partogam dan Generasi Muda (GEMA) Partogam tingkat Kecamatan-Desa se-Kabupaten Humbahas bertempat di Gedung Yayasan Siraja Oloan Matiti, Dolok Sanggul pada Sabtu (28/10/2023) kemarin.

Pelantikan itu diawali dengan ibadah bersama dipimpin langsung Ketua Partogam Humbang Hasundutan yang juga seorang pelayan atau sintua di gereja ini.

Setelah itu, dilanjutkan Seminar Nasional 2023 dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, yang bertajuk ‘Membangun Pendidikan, Wirausaha, dan Peluang Kerja Menghadapi Tantangan Global di Era Industri 5.0’.

Lantaran, Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober di Indonesia. Oleh karena itu, tahun ini Partogam Humbahas menggelar seminar nasional.

Kata Pardomuan, Partogam kedepan harus semakin kompak dan solid dalam kehidupan sehari hari untuk meraih cita-cita bersama maupun harapan organisasi dimasa mendatang.

“Marsiaminaminan songon lappak ni gaol, masitukkol tukkolan songon suhat di robean, (Hidup harus saling tolong menolong, saling membantu, saling mengisi dan melengkapi). Asa dapot akka naniluluan jumpa na jinalahan, (Ketemulah yang dicari dari apa yang dijalani),” ungkap Pardomuan seorang dosen ini.

“Partogam tingkat Kecamatan hingga desa akan berkibar di seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan,” ujar Pardomuan saat dihubungi wartawan, Minggu (29/10/2023).

Sementara itu, pengurus Partogam Sumatera Utara, diwakili penasehat MPR Manullang, dan Luminta Br. Manullang menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas digelarnya pelantikan pengurus maupun seminar yang dilakukan, sehingga kemajuan dan perkembangan Partogam Humbahas kian hari semakin baik.

Adapun narasumber yang hadir
dalam seminar nasional antara lain, Salmon Sihite, S.H., M.Kn (Jakarta), Janto Sitohang, S.Kom (Jakarta), Dr. Maringan Sinambela, M.Th (Sumut), Pangihutan Manullang (Bengkulu), Otniel Tambun, S.T (Sumut), dan Boru Manullang (Generasi Muda Partogam).

Seminar itu menghasilkan hal positif, yaitu, memberikan beasiswa Perguruan Tinggi bagi generasi Partogam, Pelatihan kerja di Jepang bagi generasi Partogam, membangun usaha pertanian dan peternakan berbasis kolaborasi, bantuan pupuk kandang gratis dari Direktur PT. Porlak Jahe (Janto Sitohang) dan bantuan ternak, bantuan pupuk organik yang teruji dengan diskon 50 persen dan Penyuluhan Gratis pengembangan pertanian Partogam (Generasi Muda Partogam).

Pelantikan pengurus Partogam dan Generasi Muda Partogam tingkat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Humbahas langsung dikoordinir oleh Sekjend Partogam Humbahas Maju Manullang, S.M, didampingi pengurus Kabupaten, Kecamatan dan Generasi Muda Partogam.

Seluruh rangkaian acara, baik pelantikan dan seminar berlangsung meriah dan dapat respons positif dari Pomparan Partogam yang hadir maupun melalui online. Lalu kemudian, kegiatan ditutup dengan doa oleh penasehat Partogam Dolok Sanggul Maksun Simanullang. (Bonni)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *