Dengan Perahu Kayu, Irwasda Polda Riau Salurkan Bantuan pada Warga Terdampak Banjir di Inhu

IMG-20240409-WA0076

Pekanbaru, TRIBRATA TV

Sebuah upaya yang luar bisa dilakukan Irwasda Polda Riau, Kombes Pol Hermansyah, yang mengarungi banjir dengan perahu kayu usai Sholat Subuh berjamaah. Bersama rombongan, mereka meninjau posko pengungsian di Desa Rawa Sekip dan Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cinaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), pada Rabu (17/01/2024).

IMG-20240227-124711

Sampai di posko pengungsian, Irwasda didampingi Kapolres Inhu, AKBP Dodi Wirawijaya, Wakapolres, Kompol Teddy Ardian, dan Bupati Inhu, Rezita Meilani Yopi, langsung memeriksa kondisi para pengungsi dan menyalurkan bantuan 250 paket sembako.

Tidak hanya di pengungsian, Irwasda juga memberikan bantuan langsung kepada warga yang masih bertahan di rumah mereka masing-masing, menggunakan perahu kayu untuk menyusuri kebun sawit yang terendam banjir setinggi leher orang dewasa.

BACA JUGA  Jumat Curhat, Masyarakat Pesisir Siap Berpartisipasi Menjaga Kamtibmas di Sumsel

Petugas Bidang Dokter Kesehatan (Bid Dokes) Polda Riau yang turut dalam rombongan tersebut mengecek kondisi kesehatan masyarakat yang berada di pengungsian.

Kombes Pol Hermansyah menyampaikan kunjungan ini untuk melihat langsung kondisi warga yang mengungsi akibat banjir, sekaligus memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat di pengungsian.

“Semoga air banjir segera surut dan masyarakat dapat kembali beraktivitas,” ujar Kombes Hermansyah.

Selain bantuan sembako, ia juga memeriksa kesehatan para pengungsi. Hermansyah mengungkapkan banyak pengungsi yang mengalami penyakit gatal-gatal akibat banjir.

Dalam kunjungan ini, Kombes Hermansyah juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap ikut serta dalam mensukseskan Pemilu 2024, meskipun sedang menghadapi bencana banjir.

BACA JUGA  Jabatan Kasat Lantas Polresta Pontianak Diserahterimakan

“Kami dari pihak kepolisian siap membantu masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024, dan apabila ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terendam banjir, kami siap membantu memindahkan TPS tersebut ke lokasi yang lebih aman,” kata Irwasda.

Sementara itu, Bupati Inhu, Rezita Meilani Yopi, menyampaikan banjir saat ini telah merendam hampir 75 persen wilayah Kabupaten Inhu, dengan kondisi yang terparah terjadi di Desa Rawa Sekip dan Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cinaku.

“Banjir ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Indra Giri akibat curah hujan yang tinggi di daerah Inhu, dan sudah berlangsung hampir satu bulan,” ujarnya.

BACA JUGA  SatLantas Polres Karo Atur Lalin Antisipasi Peningkatan Arus Wisatawan Akhir Pekan

Bupati menambahkan hingga saat ini, banjir telah merendam 86 Desa dan Kelurahan di 13 Kecamatan Kabupaten Inhu.

“Akibat dari banjir tersebut, sekitar 6.000 orang telah mengungsi baik di tenda pengungsian maupun di rumah kerabat mereka yang tidak terendam banjir,” kata Bupati Inhu.

Meskipun sebagian besar kecamatan yang terdampak sudah mulai surut, namun Bupati Inhu menyebutkan bahwa Pemkab Inhu telah menyalurkan sekitar 94 ton beras, ditambah 10 ton dari Pemprov Riau, untuk membantu korban banjir di 13 Kecamatan tersebut. (situmorang)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *