IMG-20240501-WA0019
Hukum  

Dipecat, Dokter Puskesmas Gugat Pj Bupati Muba

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Dr Fajar Maulidan, seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Jirak Raya Kecamatan Jirak Raya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel menggugat Penjabat (Pj) Bupati Muba, Apriadi atas pemecatan dirinya.

IMG-20240227-124711

Didampingi tim kuasa hukum Iir Sugiato SH dan Mulyadi SH MH, dr Fajar Maulidan mengatakan, ia mencari keadilan karena diberhentikan sepihak tanpa melalui mekanisme seperti pemanggilan pertama dan kedua. Ia dipecat karena tidak masuk kerja saat sakit Covid 19, padahal sudah disertai surat keterangan sakit.

“Saya hanya mencari keadilan karena saya diberhentikan sepihak tanpa melalui mekanisme, sedangkan saya bertugas di Puskesmas Jirak tersebut sudah lebih dari tiga tahun,” ungkapnya, Kamis (5/1/2023).

Bukan hanya itu, kewajiban dan hak-haknya seperti, jasa medis, juga tidak diperolehnya. “Saya sempat mengurus pemindahan mulai dari menghadap Gubernur dan Bupati Muba sebelumnya, namun surat pemindahan belum sempat diproses tahu-tahu saya mendapatkan surat pemberhentian,” katanya lagi.

Sementara Iir Sugiarto dan Mulyadi SH MH menilai Pj Bupati Muba telah bertindak sewenang-wenang.

“Dikeluarkannya surat pemberhentian terhadap klien kami oleh PJ Bupati Muba merupakan bentuk arogansi. Tentunya ini tidak boleh dilakukan oleh seorang pimpinan, kami akan melakukan upaya hukum untuk membatalkan surat keputusan tersebut melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang segera akan kami layangkan,” ujar Iir.

Menurutnya, ketidak hadiran dr Fajar tidak bisa menjadi alasan pemberhentian karena kliennya saat itu sakit Covid 19 dan hal tersebut sudah disampaikan melalui Kepala Puskesmas dan Kadinkes.

“Kami akan mengajukan gugatan ke PTUN atas Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan PJ Bupati Muba. Sebelumnya kami sudah melayangkan surat keberatan namun tidak ada tanggapan sama sekali. Kami berharap PTUN akan menilai dan mengkaji tindakan yang diambil oleh PJ Bupati Muba terhadap klien kami,” pungkasnya. (suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *