IMG-20240505-WA0006

PWI Pusat dan Sulut Gelar UKW di Manado

IMG-20240409-WA0076

Manado, TRIBRATA TV

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) di Manado Provinsi Sulawesi Utara, digelar pada Kamis-Jumat (28-29/12/2023).

IMG-20240227-124711

Dengan tema “Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak”, acara ini berlangsung di Ballroom Luwansa Hotel dan Convention Center, Manado, Sulut.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun didampingi Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Jumat (29/12/2023) menjelaskan, kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN yang kick-off-nya, pada Kamis-Jumat (28-29/12/2023), serentak di tiga daerah sekaligus, yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

UKW ini sepenuhnya dibantu PT Pelindo (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero), dimana perusahaan milik negara tersebut menandakan dimulainya UKW PWI-Kementerian BUMN yang berlangsung di PWI Provinsi seluruh Indonesia.

Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan, menjelaskan jumlah peserta UKW PWI-BUMN di Manado adalah wartawan yang bekerja tersebar dari 15 Kota Kabupaten di Provinsi Sulut baik klasifikasi  wartawan muda, madya dan utama.

Menurut Voucke, jumlah wartawan anggota PWI di Sulut lebih kurang 800 wartawan yang secara keseluruhan membutuhkan UKW untuk memastikan bahwa wartawan telah kompeten.

“Wartawan yang mengikuti UKW PWI-Kementerian BUMN di Manado ini dari media berbagai platform terutama dari media online atau siber dan media cetak, “tuturnya.

Dari segenap pengurus PWI Provinsi Sulut, menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya UKW PWI-BUMN di Manado.

“Tentu saja, apresiasi yang luar biasa khususnya ke PT Pelindo  (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) yang secara khusus membantu penuh suksesnya UKW ini. Lontaan juga menyampaikan terima kasih kepada PWI Pusat yang telah menyelenggarakan kick-off UKW PWI-Kementerian BUMN di PWI Sulawesi Utara ini.

“Luar biasa PWI Pusat dalam waktu yang tidak lama, menepati janji menggelar UKW gratis bagi anggota PWI di seluruh Indonesia,” ujar Voucke.

Secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini, ujar Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, menugaskan sebanyak enam penguji yang dilibatkan sebagai assesor dalam pelaksanaan UKW PWI Kementerian BUMN di Manado, selain dirinya sendiri sebagai penguji asesor, juga ada Dr Eko Pamuji M.IKom , Firdaus Baderi, Suherlan, Merson Simbolon, dan Wiwid Mahendra Wijaya.

Adapun hasil pelaksanaan UKW -BUMN di Manado, disampaikan oleh Dr Eko Pamuji, MIKom diikuti oleh sebanyak 36 orang peserta, 1 orang tidak hadir, 30 orang dinyatakan kompeten dan 5 orang dinyatakan belum kompeten. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *