IMG-20240501-WA0019

Forkopimda Humbahas Bahas Persiapan Pengamanan Nataru

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Kepolisian Resor Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama Unsur Forkopimda menggelar rapat kordinasi lintas sektoral di Aula DP Silitonga Mapolres Humbang Hasundutan, Jumat (15/12/2023).

IMG-20240227-124711

Turut Hadir Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, Wakapolres Kompol Briston Napitupulu, Bupati Humbahas yang diwakili Asisten I Jaulim Simanullang, Pabung 0210/TU Mayor Inf Ojak Simarmata, Kasatpol PP Humbahas, Ketua BPBD Humbahas, Kadis Perhubungan Humbahas, Kadis Kesehatan Humbahas, Perwakilan Dinas PUPR Humbahas, Ketua FKUB Humbahas, Ketua GAMKI Humbahas, Manager SPBU Peranginan, Manager SPBU Doloksanggul, Manager SPBU Pollung, Rekan Mitra Polres Humbahas, Seluruh Kapolsek Jajaran serta Para Pejabat Utama Polres Humbahas.

AKBP Hary Ardianto menjelaskan rapat ini untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurutnya timeline Operasi Lilin Toba 2023 akan digelar mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024 selama 12 hari dan nantinya akan dilaksanakan gelar pasukan serentak seluruh Indonesia pada 21 Desember nanti

“Tugas kita tahun ini cukup berat karena seperti yang kita ketahui saat ini di wilayah kita telah terjadi bencana alam yang telah viral ditingkat nasional. Selain itu, kita juga telah memasuki tahapan Pemilu 2024 ditambah lagi harus melakukan persiapan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Jadi, diharapkan kepada seluruh personil dan Forkopimda agar turut serta ikut andil dalam seluruh kegiatan tersebut demi mewujudkan Humbahas yang aman, nyaman dan kondusif,”jelas AKBP Hary.

Sangat diharapkan kerjasama seluruh pihak termasuk juga para manager PLN dan SPBU serta FKUB agar ikut andil dalam seluruh kegiatan.

Disampaikan kepada Manager SPBU yang hadir di rakor ini untuk memastikan stok BBM aman selama Nataru, sehingga dapat menciptakan suasana aman dan kondusif di tengah masyarakat.

Pada rapat lintas sektoral, Kapolres juga menjelaskan tentang data rawan kemacetan yang berada di beberapa titik kecamatan khususnya simpang empat besar Kecamatan Doloksanggul. Ia minta untuk dimaksimalkan personil sat lantas serta dishub dalam pengaturan lalu lintas.

Kemudian ua juga menjelaskan pendataan tentang Pospam, Posyan dan Pos Pantau yang nantinya akan diisi personil dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP serta Dinas Kesehatan.

“Ada beberapa titik Pos yang akan kita dirikan nantinya dan sudah dalam proses pengerjaan yakni 3 Pospam yang meliputi Pospam I Doloksanggul, Pospam II Aek Silang dan Pospam III Sipinsur. Sedangkan Posyan (Pos Pelayanan) ada satu yakni di depan pintu masuk Geosite Sipinsur serta Satu Pos Pantau yang terletak di Kecamatan Baktiraja. Nantinya seluruh pos ini akan disediakan fasilitas untuk masyarakat yang melaksanakan mudik untuk beristirahat apabila kelelahan dalam perjalanan,” katanya.

Sementara Asisten I Pemkab menyampaikan pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan instansi terkait dalam mensukseskan operasi terpusat kepolisian yakni Operasi Lilin Toba 2023 Nataru 2024.

Hal yang sama Juga disampaikan Pabung 0210/TU Ojak Simarmata bahwa pihaknya juga siap bersinergi dengan Polres Humbahas dan instansi terkait dalam rangka Operasi Lilin Toba 2023.

“Lonjakan pemudik tahun ini diprediksi meningkat lebih dari 100 persen dari tahun sebelumnya. Segala bentuk gangguan kamtibmas akan kita monitor untuk diminimalisir. Seperti gangguan kemacetan, teroris di tempat ibadah/ wisata, bencana alam, rumah yang ditinggalkan saat mudik dan kenaikan harga bahan pokok. Maka dari itu, kita sama-sama bekerja dan ikut Handil guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah kita,” tutup Kapolres. (tota mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *