Presiden Jokowi Lantik Letjen Maruli Simanjuntak Jadi KASD

Jakarta, TRIBRATA TV

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

IMG-20240227-124711

Pengangkatan Maruli berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 103/TNI tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala staf angkatan darat.

“Mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, keputusan presiden mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat,” ucap Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan Keputusan Presiden dalam Pelantikan KSAD di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Pengambilan sumpah didiktekan Presiden Jokowi yang diikuti Letjen Maruli Simanjuntak.

“Bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Maruli mengucap sumpah jabatan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya.

Maruli sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Ia mengisi posisi KSAD yang kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI.

Dalam pelantikan tersebut juga sekaligus menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat dari Letjen Maruli Simanjuntak menjadi Jenderal TNI.

Tampak terlihat hadir dalam acara pelantikan tersebut, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto dan sejumlah pejabat tinggi lainya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *