Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Taput Juara 3 Lomba Desa/Kampung Wisata Terbaik KSW 5.0

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Kawasan Perdesaan Berbasis Geowisata Pulau Sibandang meraih Juara 3 Kategori Kelembagaan pada Penganugerahan Desa/Kampung Wisata Kampanye Sadar Wisata 5.0

IMG-20240227-124711

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan didampingi Kadis Pariwisata Taput Sasma Situmorang menyaksikan malam puncak Penganugerahan Desa/ Kampung Wisata Terbaik KSW 5.0 di Ciputra Artprenuer Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Adapun kawasan pedesaan yang dimaksud terdiri dari Desa Sibandang dengan karakteristik cagar budaya dan geosite, Desa Papande dengan karakteristik tenun ulos dan Desa Sampuran dengan karakteristik Atraksi Budaya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Switno Rajagukguk Ketua Pokdarwisma Pulo Sibandang, Boby Rajagukguk Sekretaris Pokdarwisma Pulo Sibandang dan Mardiana Panggabean Bendahara Pokdarwisma Pulo Sibandang naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno dalam sambutannya mengapresiasi Kepala Daerah yang berkomitmen mendukung pengembangan desa wisata. Sandi Uno berharap para kepala daerah semakin kuat berkomitmen dalam membangun desa.

“Semoga para pemenang semakin berkualitas membangun wisata berkelanjutan. Semoga para kepala desa semakin bersemangat mendukung BUMDesa wisata,” katanya.

Lebih lanjut Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar 65 Desa Wisata terbaik untuk siap berkolaborasi untuk membawa Indonesia menjadi destinasi wisata unggulan.

“Penghargaan Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini adalah kepada 65 Desa Wisata yang tersentuh program Kampanye Sadar Wisata dan upaya kami untuk membawa sebuah perubahan positif demi mewujudkan desa wisata yang berkualitas. Di tahun 2022 kita mulai, tidak terasa sudah 2 tahun, dimulai dengan sosialisasi sadar wisata, pelatihan dengan topik Inovasi Produk, Kapasitas Bidang Parekraf dan Kewirausahaan juga penyusunan proposal pengembangan desa wisata, ada yang mendapatkan pendampingan penilaian dan penghargaan malam ini serta sebagai apresiasi tahap akhir,” kata Sandi.

Ia berharap Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini akan membangun ketangguhan dan ketahanan dari unit terkecil dari wisata kita yaitu ada di desa-desa wisata.

“Terima kasih kepada seluruh penggerak Desa Wisata yang telah memberikan inspirasi bagi kita. Saya harap jerjasama ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi dengan pertumbuhan ekonomi lokal melalui Kepariwisataan.
Saya berharap perjuangan teman-teman tidak berhenti hari ini tapi terus membangun desa wisata dan menghadirkan kontribusi sumbangsih pemikiran dan komitmen untuk teman-teman sekalian, karena saatnya kita menjawab tantangan dengan peluang,” tandasnya.

Semangat “3 Si” Inovasi , Adaptasi, dan Kolaborasi dan Semangat “3 G” Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi) karena kita yakin semua potensi wisata kita ada di desa-desa,tambah Sandi.

Sementara Nikson Nababan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Panitia, Tim Juri terutama kepada Tim Kemenparekraf dan berterima kasih atas perolehan prestasi ini.

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas keberhasilan pencapaian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui BUMDesMa (Badan Usaha Milik Desa Bersama Pulau Sibandang berhasil meraih predikat sebagai terbaik ketiga dari 65 desa yang mendaftar sebagai peserta pada perlombaan bergengsi tersebut, dan selama setahun ini dilakukan Kampanye Sadar Wisata 5.0“
Prestasi ini sebagai langkah awal untuk berbenah lebih optimal lagi untuk mengelola segala potensi yang ada di Tapanuli Utara khususnya Pulau Sibandang, agar menjadi salah satu destinasi objek wisata unggulan dan favorit,” kata Nikson. (h sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *