IMG-20240501-WA0019

Warga Penggarap Diultimatum Tinggalkan Lahan HGU PTPN III

IMG-20240409-WA0076

Pematang Siantar, TRIBRATA TV

PTPN 3 Kebun Bangun menegaskan siap mengambil tindakan tegas kepada para penggarap yang berada di kawasan Kelurahan Bah Sorma dan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar Sumatera Utara. Hal itu dilakukan jika penggarap masih enggan meninggalkan lahan garapannya di lahan HGU aktif milik PTPN 3 tersebut.

IMG-20240227-124711

Hal tersebut dikatakan Asisten Personalia Kebun Bangun Doni Manurung ketika ditemui di kantor Unit PTPN 3 Kebun Bangun, Jumat (11/11/2022). Menurutnya,pihak PTPN 3 telah melakukan pembayaran Suguh Hati kepada warga penggarap.

Namun menurut Doni, sejumlah warga yang telah menerima Suguh Hati masih enggan meninggalkan rumah tinggal dan lahannya. Pihak PTPN 3 menegaskan akan melakukan upaya paksa bila warga tersebut belum bersedia mengosongkan lahan tersebut.

“Bila tidak ada itikad baik dari yang bersangkutan mungkin ada upaya paksa atau upaya hukum dari kami,”ucapnya.

Doni juga mengungkapkan pihaknya telah melakukan pelaporan penyerobotan lahan sebanyak delapan oknum kepada pihak kepolisian yang mana sebagian adalah warga yang telah menerima Suguh Hati.

Dengan pelaporan kepada kepolisian kata Doni, pihak PTPN 3 ingin mengetahui pihak-pihak yang terlibat.

“Dengan banyaknya pendaftar dan semakin sedikit mereka yang bertahan maka akan semakin mengerucut siapa yang akan kami laporkan berikutnya,”tutur Doni.

PTPN 3 berencana pada pekan depan akan melakukan eksekusi terhadap rumah warga yang telah menerima Suguh Hati.

Terkait jumlah pendaftar penerima Suguh Hati PTPN 3 mencatat sebanyak 255 KK dan sudah melakukan pembayaran Suguh Hati terhadap 215 KK. Untuk pendaftaran Suguh Hati,Doni menyatakan akan ditutup pada Sabtu (12/11/2022).

Sementara itu terkait luas lahan HGU yang telah berhasil di okupasi,Doni mengungkapkan telah menguasai 95 persen lahan dari penggarap.

“Objek yang belum kita kuasai berupa daerah rendahan, kemudian diujung daerah Flamboyan dan juga beberapa rumah yang masih diduduki warga,” pungkasnya (Joe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *