IMG-20240501-WA0019

Jelang Pemilu 2024, Sat Samapta Polres Sekadau Intensifkan Latihan Dalmas

IMG-20240409-WA0076

Sekadau, TRIBRATA TV

Satuan Samapta Polres Sekadau intensifkan latihan pengendalian massa (Dalmas) sebagai upaya persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Latihan ini dilakukan di halaman Mapolres Sekadau, Jalan Merdeka Timur.

IMG-20240227-124711

Latihan Dalmas tersebut dipimpin Kasat Samapta Polres Sekadau Iptu Triyono didampingi Kanit Dalmas 1 dan 2. Sebanyak satu pleton personel Dalmas juga ikut serta dalam latihan.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, melalui Iptu Triyono, menjelaskan latihan Dalmas kali ini difokuskan pada materi latihan Dalmas lanjut dan Pengurai Massa (Raimas). Personel dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan Dalmas yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya.

“Dalam Satuan Samapta, selain terdapat Peleton Dalmas, juga terdapat Peleton Raimas yang bertugas sebagai pengurai massa. Dalam latihan ini, anggota dituntut untuk berlatih dengan menggunakan sepeda motor jenis KLX dan juga harus mampu menguasai medan yang akan mereka lalui,” kata Iptu Triyono, Kamis (2/11/2023).

Ia juga menjelaskan tujuan latihan Dalmas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel dalam menghadapi situasi Kamtibmas yang mungkin muncul selama masa Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Sekadau.

“Pentingnya latihan ini sebagai persiapan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pemilu. Pelatihan rutin ini juga untuk membentuk mental dan emosi personel Dalmas, agar mereka tetap dapat menunjukkan sikap tegas dan humanis meskipun dihadapkan situasi yang sulit,” jelasnya.

“Diharapkan melalui latihan ini, personel Dalmas akan memiliki keterampilan dan disiplin yang terlatih, sehingga dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat. Pengamanan yang efektif akan mendukung kelancaran dan ketertiban proses demokrasi di Kabupaten Sekadau,” tutupnya. (Rahmad.s)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *