Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

9 Ruko Ludes Terbakar di Sekayam, Sanggau Dinihari Tadi

IMG-20240409-WA0076

Sanggau, TRIBRATA TV

Sebanyak 9 unit rumah toko (ruko) di kota Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (1/11/2022) dinihari ludes terbakar.

IMG-20240227-124711

Erzan, Kepala Desa Balai Karangan yang dihubungi mengatakan musibah itu terjadi 01.30 WIB dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 03.30 WIB.

Menurutnya, kesembilan ruko yang hangus terbakar itu dimiliki 5 orang Kepala Keluarga yaitu Apotik Grace milik ibu Dr.Fani, Warkop milik Pak De Mus, Toko Buku/Foto Copy Milik Bang Dafi, Toko Sembako Pak Suherman, dan Warkop Ibu Mariyam.

“Api menghanguskan hampir 90 persen bangunan,” ujarnya.

Dikatakannya, api dapat dipadamkan petugas pemadam kebakaran Kecamatan Sekayam yang dibantu Petugas Damkar dari Kecamatan Kembayan bersama masyarakat, pemuda, personil Polsek Sekarang dan Koramil Sekayam.

“Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, yang habis terbakar cuma bangunan dan harta benda yang di dalam rumah yang tidak dapat diselamatkan. Perhitungan saya sementara kerugian belum bisa ditaksir,” jelasnya.

Ia juga menghimbau warganya untuk selalu berhati-hati dan selalu mengecek sumber api baik berupa kompor di dapur dan listrik. Ia minta agar listrik dan kompot dimatikan sebelum meninggalkan rumah.

“Memang kalau musibah terjadi tidak ada yang mampu mencegahnya namun dalam ini kita paling tidak sudah melakukan usaha untuk mencegah dari suatu kejadian atau musibah,” katanya.

Erzan juga meminta dan berharap uluran, partisipasi, bantuan dari semua pihak agar dapat membantu korban yang saat ini terkena musibah. “Mungkin ada yang tidak dapat menyelamatkan harta bendanya,” ujar Kades Balai Karangan ini.

Disisi lain, ia melalui WhatsApp nya menyampaikan kepada media ini untuk memohon agar kiranya pemerintah menambah armada damkar. “Mengingat mobil pemadam kebakaran kita yang ada ini hanya satu unit dan tergolong kendaraan tua, saya mohon kepada pemerintah baik pusat dan Provinsi Kalbar kiranya membantu pengadaan mobil pemadam kebakaran di Desa Balai Karangan, mengingat desa ini adalah pusat Kecamatan Sekayam dan juga wilayah perbatasan,”harapnya.

Sebelumnya pada Sabtu (22/10/2022) lalu kebakaran juga terjadi di Desa Engkahan Kecamatan Sekayam yang menghanguskan Asrama Putri Ponpes Al-Mizan. (Syamsumen)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *