IMG-20240501-WA0019

Dekranasda Taput Serahkan Bantuan Benang Tenun pada 757 Pengrajin

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora menyerahkan bantuan benang tenun kepada 757 pengrajin tenun di seluruh Tapanuli Utara. Acara ini berlangsung di Gedung Sopo Partukkoan, Tarutung, pada hari Selasa, 31 Oktober 2023.

IMG-20240227-124711

Pembagian benang tenun dilakukan untuk 313 pengrajin tenun dari tiga kecamatan, yaitu Siatas Barita, Sipoholon, dan Simangumban.

Sebelumnya, pada hari pertama, bantuan benang tenun telah diserahkan kepada 334 petenun dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Tarutung, Siborongborong, Adiankoting, Pahae Julu, dan Sipahutar.

Proses penyerahan bantuan benang tenun ini dilakukan secara bertahap selama tiga hari, mulai dari tanggal 30 Oktober hingga 1 November 2023. Hadir dalam acara ini adalah Kadis Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Taput, Gibson Siregar, beserta staf.

Kepala Dinas, melalui Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Taput, Maria Naibaho, menjelaskan kegiatan ini untuk mendukung pemulihan ekonomi pelaku UMKM serta memperkuat kemandirian dan wirausaha dalam masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

Ia berharap melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM di Tapanuli Utara akan semakin termotivasi untuk berusaha dan memahami upaya yang telah diberikan pemerintah dalam mendukung UMKM, karena UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Tapanuli Utara.

Pada kesempatan ini, Satika Simamora, menyampaikan pesannya agar setiap talenta yang diberikan oleh Tuhan digunakan sebaik-baiknya.

“Manfaatkanlah talenta yang Tuhan berikan agar bermanfaat bagi banyak orang,” kata Satika.

Ia juga mengingatkan tahun ini merupakan tahun politik, dan banyak hal yang tidak terduga dapat terjadi. Oleh karena itu, perlu waspada terhadap segala potensi perpecahan dan perselisihan.

“Ada baiknya kita menghindari peristiwa seperti yang terjadi pada tahun 2018. Ketika tidak senang dengan seseorang, lebih baik kita diam, lebih baik berdoa untuk mendapatkan kedamaian. Diam adalah emas. Berbicara sebaiknya sesuai keperluan, hindari perkataan yang menghujat. Saya yakin Tapanuli Utara dapat menjadi contoh hati yang baik dalam politik, di mana kita saling mendukung dan memiliki persaudaraan,” saran Satika.

Mewakili masyarakat penerima bantuan benang tenun, Op. Artur Pasaribu, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di bawah kepemimpinan Nikson Nababan, yang telah menunjukkan perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat.

Ia merasa bahwa setelah Bupati Nikson Nababan memimpin Taput, pembangunan telah mencapai ke seluruh kecamatan, bahkan ke desa-desa. (h sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *