IMG-20240501-WA0019

Tingkatkan Perekonomian Desa Melalui BUMDes, Pemkab Sitaro Gelar Sosialisasi

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Demi meningkatkan perekonomian desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

IMG-20240227-124711

Acara yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Rabu (18/10/2023) ini dibuka oleh Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi Oroh.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Sitaro memberikan apresiasi, menyambut baik dan berterima kasih kepada Dinas PMD yang telah memprakarsai kegiatan ini untuk kemajuan kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro, “tuturnya.

Undang-Undang Desa No.6 /2014 memandatkan bahwa tujuan pembangunan Desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa dan pengembangan potensi ekonomi lokal. Karena kaitannya dengan kesejahteraan, maka penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi salah satu andalan untuk menggerakkan ekonomi di desa atau kampung.

“Dalam meningkatkan kemandirian masyarakat serta mengentaskan kemiskinan, maka perlu diprioritaskan pembangunan untuk perbaikan perekonomian desa, mengingat sebagian besar penduduk tinggal di pedesaan. Untuk itu negara Indonesia memiliki bermacam strategi yang salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat melalui layanan BUMDes yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No 11 tahun 2021 tentang BUMDes,” tukasnya.

Lebih lanjut, dihadapan peserta sosialisasi, Joi Oroh memaparkan pentingnya BUMDes berperan aktif untuk memajukan perekonomian desa/kampung.

“Keberadaan BUM Desa sangat potensial dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat desa serta memberikan kontribusi nyata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu diharapkan Pemerintah Desa dan BUM Desa mampu menggali potensi desa sekaligus mengekplorasi sumber daya lokal yang dimiliki oleh desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes), pada akhirnya BUM Desa akan mampu menjadi lembaga ekonomi desa yang profesional yang mendorong menuju desa yang mandiri, “tandasnya.

Pj Bupati mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bisa mendukung BUMDes yang dibangun yang semata-mata untuk kemajuan desa dalam meningkatkan pembangunan.

“Dengan mengoptimalkan peranan BUMDes, perekonomian desa kita bisa terus maju, “sebutnya.

Kegiatan sosialisasi ini dirangkaikan dengan Studi Tiru Pengelolaan BUMDes yang bertempat di Desa Budo Kabupaten Minahasa Utara.

Adapun turut bersama dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Novia Tamaka, Kepala Dinas PMD Misje Tamaka bersama jajaran, Kepala BPKPD Rolly Korengkeng, para Camat dan peserta yang terdiri dari Kapitalau dan Pengurus BUMDes. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *