IMG-20240505-WA0006

Pj Gubernur, Kapolda dan Pangdam XII Saksikan Gelar Sispam Kota di Ruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar

IMG-20240409-WA0076

Pontianak, TRIBRATA TV

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto bersama Penjabat Gubernur Kalbar dr. Harison dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan menyaksikan Latihan Sistem Pengamanan Kota diruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar pada Rabu (18/10/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Turut hadir diruangan posko Presisi Lounge antara lain Wakapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Kajati Kalbar / Koordinator, Danlantamal / Danpom AL, Irwasda Polda Kalbar, Karoops Polda Kalbar, Dirsamapta Polda Kalbar, KPU dan Bawaslu Prov. Kalbar, Walikota Pontianak / Kesbangpol Kota Pontianak, Kapolresta Pontianak, KPU dan Bawaslu Kota Pontianak.

Irjen Pol Pipit Rismanto menjelaskan Latihan Simulasi Sispam Kota ini, ada beberapa adegan yang disimulasikan dan berada di 10 tempat yang berbeda, namun bisa terpantau secara langsung diruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar yang diasumsikan sebagai Pusat Komando (Command Center) dan langsung bisa berinteraksi dengan personel yang ada di lapangan.

“Latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota ini kita laksanakan senatural mungkin sehingga personel yang terlibat Operasi Mantap Brata yang akan melaksanakan pengamanan pemilu 2024, mendapatkan gambaran situasi yang sebenarnya saat terlaksananya proses tahapan pemilu 2024 nanti, sehingga mereka sudah siap dan tidak bingung menghadapi permasalahan- permasalahan di lapangan”, jelas Kapolda.

Ia juga menjelaskan dalam simulasi sispam kota ini, skenario digambarkan dari situasi yang landai atau situasi hijau, yang selanjutnya berangsur-angsur meningkat hingga situasi yang anarkis atau situasi merah sehingga memerlukan kehadiran Pasukan PHH Brimob yang merupakan Pengendali Huru Hara anarkis.

“Memang kita gambarkan sedemikian rupa dari situasi yang landai-landai saja dengan kegiatan preemtif yaitu himbauan dari bhabinkamtibmas dan kegiatan preventif melalui kegiatan patroli bersama TNI dan Satpol PP, kemudian berangsur-angsur ditingkatkan sesuai dengan prediksi ancaman yang memungkinkan bisa terjadi serta tata cara antisipasinya,”ujarnya lagi.

Nampak terlihat di lapangan keseriusan personel Polri bersama TNI, Satpol PP, Linmas, petugas TPS dan pihak-pihak yang mendukung Latihan Sispam Kota melaksanakan simulasi ini sehingga menjadi sarana tontonan juga bagi masyarakat sekitar.

“Saya selaku Kapolda Kalbar yang bertanggung jawab atas kegiatan ini, mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari pj Gubernur, Pangdam XII Tanjungpura, unsur Forkopimda, Walikota Pontianak dan Bupati Kubu Raya, KPU/Bawaslu Provinsi/Kota/Kabupaten, serta seluruh masyarakat Kota Pontianak dan Kubu Raya yang telah mendukung kegiatan ini dan mohon maaf apabila dalam pelaksanaanya masyarakat agak terganggu perjalanannya karena adanya pengalihan arus lalu lintas”, pungkas Irjen Pol Pipit Rismanto. (Hasan)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *