Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Tingkatkan Investasi, PUPR Tanjungppinang Launching KITA SIAP

IMG-20240409-WA0076

Tanjungpinang, TRIBRATA TV

Untuk mempermudah pelayanan publik terkait tata ruang dan pembangunan serta mendorong peningkatan investasi, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaunching Pelayanan KITA SIAP (Klinik Tata Ruang Sinkronisasi Percepatan Pelayanan Investasi).

IMG-20240227-124711

Launching pelayanan tersebut diadakan di Aula Pertemuan Sultan Badrul Alamsyah, Kamis (19/10/2023) dengan mengundang beberapa asosiasi pengembang diantaranya Pengurus DPD REI (Real Estate Indonesia) Kepri, DPD HIMPPERA (Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat)Tanjungpinang, serta Pengurus Forum RT/RW Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, mengapresiasi inovasi pelayanan yang telah dirancang oleh Dinas PUPR Kota Tanjungpinang tersebut. Menurut Hasan, penggunaan digitalisasi dalam setiap elemen kerja saat ini wajib dilakukan.

Ia juga menjelaskan KITA SIAP yang merupakan inovasi pelayanan ini harus mampu terintegrasi sehingga dapat memudahkan bagi setiap masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terutama bagi penunjang investasi.

“Inovasi itu sejatinya dibuat untuk mempermudah, sehingga kesiapan pelaksanaannya harus dipersiapkan secara matang. Saat ini pemerintah juga sedang menyusun RDTR (Rencana Dasar Tata Ruang sekaligus perancangan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) sehingga dibutuhkan sinkronisasi antara Pemerintah dengan stakeholder terkait terutama terkait tata ruang”, jelas Hasan.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, DR. Rusli,M.Eng, dalam pemaparannya menjelaskan dengan ditetapkan Tanjungpinang sebagai kawasan FTZ telah menjadi magnet pertumbuhan ekonomi. Meningkatnya minat investor tentu harus disambut dengan pelayanan yang prima. Pemahaman prosedur perizinan dasar menjadi kendala terutama di dunia usaha.

“Dengan pelayanan Kita Siap akan menjawab persoalan tersebut. Hal ini merupakan inovasi untuk percepatan investasi melalui pelayanan yg mudah, cepat dan efisien”, tutur Rusli.

Kadis PUPR tersebut juga menambahkan pelayanan KITA SIAP meliputi 4 pelayanan dasar yakni, Pelayanan Informasi Penataan Ruang, Pelayanan kesesuaian kegiatan pemanfaat ruang (KKPR), Pelayanan Site Plan Kawasan Perdagangan, Pelayanan persetujuan pembangunan gedung.

Keempat layanan tersebut sudah dapat diakses di klinik KITA SIAP yang saat ini berada di kantor Dinas PUPR Kota Tanjungpinang dan gratis bagi setiap pemohon pelayanan.

Lanjut Rusli, pada tahun 2024 KITA SIAP juga akan dapat diakses via online dan berada di Mal Pelayanan Publik sehingga masyarakat dapat lebih mudah dalam setiap pengurusan dokumen perizinan. Terkait peningkatan pelayanan, Rusli juga mengatakan setiap RT/RW di tiap kelurahan telah diberikan bimbingan teknis terutama untuk memahami RDTR Tanjungpinang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama stakeholder terkait. (M.holul)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *