Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Se-Kepulauan Nias Gelar Rakor Tahun 2023

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias menggelar rapat koordinasi, bertempat di Duria Balaki Lounge Lantai II Kantor Bupati Nias, Hilizoi-Gido, Selasa (10/10/2023).

IMG-20240227-124711

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai menyampaikan bahwa agenda rapat kali ini membahas tentang Finalisasi Konsep Keputusan Kepala Daerah se-Kepulauan Nias tentang Pembentukan Forum Kepala Daerah se-Kepulauan Nias, Pendanaan Kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2024, Rencana Pembukaan Rute Penerbangan Jakarta – Gunungsitoli (PP) oleh Maskapai TransNusa, Pertemuan Forkada se-Kepulauan Nias dengan Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Selanjutnya, Asisten Sekda Kabupaten Nias Pardin M. Harefa selaku moderator pada rapat koordinasi tersebut memaparkan Draf Keputusan Forkada se-Kepulauan Nias yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi koordinasi Forkada se-Kepulauan Nias.

Menanggapi hal tersebut, para Sekda dan atau yang diwakili menyampaikan bahwa Draf Keputusan Forkada se-Kepulauan Nias sudah cukup baik, untuk ke depannya bila diperlukan penyesuaian maka akan direvisi kembali bilamana terdapat hal-hal yang perlu di perbaiki sebagaimana mestinya.

Terkait Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, perlu menunggu finalisasi pertemuan dari KPU bersama TNI/POLRI terkait usulan pembiayaan pelaksanaan Pilkada supaya menjadi bahan untuk disampaikan kepada Pemerintah Provinsi mengingat keterbatasan anggaran di Kabupaten/Kota dan direkomendasikan agar finalisasi ini diselesaikan sebelum diadakan Rapat Forkada selanjutnya.

Sementara itu, mengenai Konsep Surat Pembukaan Rute Penerbangan Jakarta – Gunungsitoli (PP) oleh Maskapai TransNusa perlu lampiran data wisatawan, pertumbuhan ekonomi dari Kabupaten/Kota sebagai langkah antisipasi apabila diadakannya audiensi dengan PT. TransNusa yang artinya data tersebut menjadi Dokumen Pendukung atas Perjanjian Kerjasama. Apabila Konsep Surat ini sudah final maka segera ditandatangani oleh masing-masing Kepala Daerah dan selanjutnya disampaikan kepada PT. TransNusa.

Tentang Pertemuan Forkada se-Kepulauan Nias dengan Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias perlu informasi terlebih dahulu melalui koordinasi dengan BPPPKN bagaimana perkembangan progres atau langkah-langkah yang sudah dilakukan sejak ekspos pada pertemuan Forkada sebelumnya di Gedung Afo Nias Barat pada bulan Mei 2023.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi di atas, akan dibahas lebih lanjut pada Rapat Forkada yang akan datang. Di sisi lain, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Arham Dusky Hia, mewakili Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli berharap pada rapat Forkada nantinya ada komitmen bersama dalam mendukung vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR), mengingat kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) di wilayah Kota Gunungsitoli sampai dengan bulan September 2023 tercatat lebih dari 300 suspek. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *