Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Murid TK/RA-Al Fazwa Ikuti Manasik Haji

IMG-20240409-WA0076

Deli Serdang, TRIBRATA TV

Sebanyak 80 anak-anak usia dini dari Raudhatul Athfal (RA) Al Fazwa Jalana Sidodadi Gg.Sidomuncul No.1 B Samping Perumahan Grand Munaco Deli Tua mengikuti latihan manasik haji di Asrama haji Kota Medan, Selasa (3/10/2023).

IMG-20240227-124711

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran diusia dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

“Di sini anak-anak kita kenalkan dengan rukun Islam yang kelima sejak usia dini” kata Kepala Sekolah RA Alfazwa, Ratmi S.Pd.I yang biasa dipanggil Umi Ami.

Umi Ami menjelaskan peserta didiknya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji.

Anak-anak tersebut begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh panitia dan diikuti oleh para peserta se-Kabupaten Deli Serdang.

“Beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh anak-anak diantaranya tawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali,), kemudian melaksanakan sa’I (berlari-lari kecil bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya,) dan melontar atau melempar Jumrah,” papar Umi Ami.

Dengan adanya pelatihan manasik haji ini, ia berharap anak didiknya bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu, anak-anak juga ditanamkan pengetahuan sejak dini sehingga mereka memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

“Mudah-mudahan pengenalan ibadah haji ini lebih menjadikan mereka paham betul bahwa rukun Islam memang harus diterapkan, kalau rukun Islam yang kelima. Jadi kedepannya kalau anak-anak sudah besar dan mereka mampu untuk segera melaksanakan ibadah haji,” harapnya.

Turut serta dalam peragaan manasik haji ini guru-guru antara lain Umi Rini,Umi Khadijah, Umi Balqis, Umi Ajeng, Umi Sindi serta orang tua wali murid.

Salah satu orang tua murid, Bunda Arshaad menyampaikan kegiatan manasik haji ini sangat baik bagi anak-anak usia dini agar mereka dapat memahami tata cara ibadah haji sejak dini dan juga untuk menanamkan nilai dan norma ajaran Islam.

Kegiatan ini juga mampu melatih kesabaran, kedisiplinan, bertanggung jawab atas diri sendiri, dan kemandirian.

“Selain untuk menanamkan nilai-nilai dan ajaran islam kepada anak sejak dini, yang tak kalah pentingnya peragaan manasik haji ini untuk lebih mempererat Ukhuwah Islamiah, baik antar sesama murid maupun para guru serta orang tua murid,” ujar Bunda Arshaad.

Setelah pembagian snack dan minuman peragaan manasik haji dilanjutkan dengan berenang di kolam renang Citra Wisata agar anak-anak merasa puas dalam bercengkerama dengan teman-temannya.(Tongat)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *