IMG-20240505-WA0006

Samosir PPKM Level 2, Wisatawan ke Sianjur Mulamula Meningkat

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Setelah PPKM Level 2 ditetapkan di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,kunjungan wisata di Sianjur Mulamula mulai berangsur meningkat.

IMG-20240227-124711

Lokasi yang memiliki panorama indah dan sejuk ini terletak di kaki Gunung Pusuk Buhit diketahui merupakan asal muasal suku Batak, tampak para wisatawan mengabadikan berfoto di perbukitan Sibumbung Ruma, Minggu (26/9/2021).

Hal yang sangat menarik menurut mereka adalah pemandangan persawahan yang saat ini menyuguhkan padi nan hijau di dua desa kenegerian Sagala. Disamping itu udara yang sejuk dapat dinikmati di lokasi ini.

Rudi bersama 3 temannya, wisatawan asal Medan ketika ditemuai awak media menceritakan mereka datang dari Medan menggunakan sepeda motor karena keingintahuannya akan sejarah suku Batak.

“Kita kan orang Batak, makanya kemari untuk tau lah tentang budaya dan sejarah Batak,”ucapnya.

Ditambahkannya, ia sangat terpesona dengan pemandangan alam yang mengagumkan ini, dan masyarakat yang santun. Serta banyaknya lokasi wisata budaya yang mereka jumpai dalam perjalanan.

“Masyarakat disini ramah-ramah dan lokasi wisatanya sangat banyak, sampai waktu tidak cukup untuk menjajal ini semua,” tambahnya.

Rudi dan temannya juga memberikan saran agar nilai-nilai budaya di daerah ini tetap dipertahankan, seperti rumah adat Batak Toba yang telah banyak rusak karena telah menua.

“Ruma Bolon sudah banyak yang rusak, kalau bisa dirawatlah,” tutupnya.

Selama pandemi covid-19 melanda negeri ini, lokasi wisata di Sianjur Mulamula dan Samosir secara umum ditutup yang sangat berdampak terhadap roda perekonomian masyarakat pelaku wisata.

Saat ini satuan tugas gugus covid-19 tetap menjalankan pemeriksaan secara protokol kesehatan dengan mengaktifkan pos jaga di pintu masuk Kecamatan Sianjur Mulamula. Dimana setiap pengunjung diperiksa suhu tubuh dan menunjukkan surat vaksin maupun hasil swab.

Apabila pengunjung tidak dapat menunjukkan, maka dipastikan tidak dapat lewat. Serta petugas melakukan himbauan untuk tetap taat protokol kesehatan. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *