IMG-20240501-WA0019
Hukum  

Polres Madina Hanya Diminta Bantu Mencari WBP Lapas Panyabungan yang Kabur

IMG-20240409-WA0076

Madina, TRIBRATA TV

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial RH yang kabur pada Agustus lalu hingga saat ini belum juga ditemukan.

IMG-20240227-124711

Menurut Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Mandailing Natal (Madina), Ipda Bagus Seto, pihak Satreskrim hanya menerima laporan dan permintaan untuk mencari WBP tersebut.

“Sekitar dua atau tiga hari setelah WBP tersebut kabur, memang ada beberapa petugas lapas yang berkoordinasi dengan kita. Hanya saja mereka meminta bantuan untuk melakukan pencarian,” ungka Ipda Bagus Seto, melalui telepon, Rabu (27/9/2023).

Bagas juga menjelaskan, karena WBP yang kabur merupakan tahanan narkoba, sehingga pihaknya mengarahkan untuk berkoordinasi dengan pihak Resnarkoba.

Sedangkan, Kasat Narkoba AKP Irwan yang dikonfirmasi menjelaskan pihaknya tidak bisa mencampuri urusan dari pihak Lapas Kelas II B Panyabungan. Sehingga untuk proses investigasi terkait kaburnya WBP tersebut, merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Lapas Panyabungan sendiri.

“Kita memang hanya menerima pemberitahuan tentang WBP kabur tersebut. Kita juga sampai saat ini masih melakukan pencarian,” ungkap Irwan.

Selain itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sumatera Utara, Imam Suyudi yang dikonfirmasi beberapa hari lalu, menjelaskan sejak WBP tersebut kabur pihak Kemenkumham sudah menetapkan WBP tersebut Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Sudah ditetapkan DPO sejak WBP tersebut kabur. Namun, hingga saat ini belum juga ditemukan kami mohon doanya agar segera ditemukan,” tulis Imam melalui WhatsApp beberapa hari lalu. (Hendra)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *