Bupati Toba Serahkan Bantuan Pembangunan Rumah Swadaya

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Program KSPN PUPR pusat melalui Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat Kabupaten Toba bekerja sama dengan Bank Mandiri memberikan Bantuan Fasilitas Rumah Swadaya Pendukung KSPN kepada 394 Kepala Keluarga di Pendopo Rumah Dinas Bupati di Balige, Selasa (22/9/2020).

IMG-20240227-124711

Bupati Toba mengatakan program ini dari Kementrian PUPR khususnya Dirjen Perumahan Rakyat yang membantu Rp35 juta/KK untuk membangun Rumah Swadaya. “Bapak-ibu sekalian gunakanlah uang Rp35 juta ini untuk memperbaiki rumah kita masing-masing, jangan untuk beli baju atau belanja lainnya,” tegas Bupati Toba Darwin Siagian.

BACA JUGA  Rayakan HUT Ke-22, PC INTI Asahan Apresiasi Kegiatan PD INTI Sumut

Menurutnya, sekarang ini kita hanya bisa berfikir untuk bertahan hidup disituasi Covid-19. Kabupaten Toba sedang bergerak disektor pariwisata, sekarang sudah mulai pembangunan di Desa Lumban Pea seperti SMK Pariwisata, akan ada bangunan BPOM, Rest Area dan Balige by Pass akan selesai tahun 2020.

Sementara, Rino Sinurat selaku PPK Balai Perumahan Provsu menambahkan, di Kawasan Pariwisata Nasional khusus Toba memperoleh bantuan terbanyak yakni 1/3 dari 1.800 Bantuan Rumah Swadaya.

“Kita harapkan pertengahan Oktober 2020 Bapak Luhut Panjaitan akan mampir di Sigapiton dan melihat hasil perkembangan Rumah Swadaya Toba. Terimakasih kepada Kadis Perkim Toba Jonni Lubis dan jajarannya,” ucap Rino.

BACA JUGA  Menkumham RI Resmikan Universitas Nias

Sedang Kadis Perkim Toba Jonni Lubis, mengatakan bantuan ini merupakan tahap pertama yang diberikan kepada 181 KK dari total 394 KK di Kabupaten Toba. “15 hari apabila tidak dilaksanakan, akan kena sanksi,” tegasnya.

Kriteria penerima bantuan adalah rumahnya terletak di Jalinsum, masih berdinding papan dan berpenghasilan dibawah Rp2 juta. “Yang utama tanah milik pribadi dan tidak bersengketa,” kata Jonni.

Ditambahkan Aslina Siahaan selaku konsultan, ada 3 tahapan pencairan, pertama sebesar Rp17,5 juta dan kedua Rp12,5 juta kepada pihak panglong (toko bangunan) dan terakhir Rp5 juta untuk biaya tukang.

BACA JUGA  DPD PBB Sumut Berbagi Sembako dan Takjil

Penerima tahap ini berada di 4 Kecamatan yakni Tampahan, Balige, Laguboti, dan Sigumpar. “Tentunya masih ada verifikasi dari total 394 KK penerima bantuan yang semuanya melalui buku tabungan mandiri,” ucap Anita.

Secara simbolis Bupati Toba Darwin Siagian menyerahkan bantuan yang disaksikan Camat Balige, Tampahan, Laguboti, Sigumpar, Kades Hinalang bahasan, Lumban Pea, Sibolahotang SAS, dan 181 warga penerima bantuan. (Berlin yebe)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *