IMG-20240610-WA0051 ------------------------------------ IMG-20240614-190820

Pejabat Kodim 0420/Sarko Hadiri Pembukaan Perkemahan Pramuka

IMG-20240409-WA0076

Merangin, TRIBRATA TV

Gubernur Jambi Al Haris S membuka perkemahan Pramuka Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti (Pertikawan) di Kantor Bupati Merangin, Minggu (17/9/2023).

Acara itu dihadiri Sekretaris Jenderal KLHK RI (Ketua Umum Pinsaka Kalpataru dan Wanbakti Nasional), pejabat Pemprov Jambi, Forkopimda jajaran Provinsi Jambi, dan pejabat Kodim 0420/Sarko yang diwakili Kasdim Mayor Inf Usman serta tamu undangan lainnya.

Gubernur Jambi menerangkan kegiatan perkemahan ini akan berlangsung selama selama lima hari bertempat Bumi Perkemahan Kwarcab Merangin. Nantinya peserta perkemahan akan diberikan berbagai materi-materi oleh para pembina.

Diharapkan dengan adanya pekemahan ini bisa menambah wawasan, ilmu, keterampilan dan pengetahuan bagi mereka. Didasari dari Saka Pertikawan yang diselenggarakan di Merangin, Saka ini berhubungan dengan pelestarian alam maka besar harapan menumbuhkan kesadaran peserta perkemahan bisa ikut serta dan peduli akan pentingnya sejak dini menjaga dan merawat dan melestarikan alam khususnya di wilayah Provinsi Jambi, umumnya Indonesia secara keseluruhan.

BACA JUGA  Pengurus KTNA Labusel Dilantik

“Melalui pembukaan perkemahan ini juga dipromosikan Geopark Merangin Jambi yang sudah resmi di tetapkan dalam Unesco,” katanya.

Usai pembukaan perkemahan tersebut, Kasdim 0420/Sarko pada waktu yang bersamaan menuturkan acara ini yang akan berlangsung di Kabupaten Merangin merupakan kegiatan yang positif.

Banyak dampak baik dari perkemahan ini dengan adanya pemberian materi, nantinya peserta bisa mengerti peran mereka yang tergabung dalam Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti setidaknya menumbuhkan akan pentingnya merawat, menjaga, dan melestarikan hutan Indonesia.

BACA JUGA  Polres Sergai Siapkan Wastafel Cuci Tangan Bagi Pengunjung

Secara luas nantinya, diharapkan bisa berimbas secara positif dan menyebar secara keselurahan dampak positifnya bagi masyarakat dalam ikut serta dan berperan aktif pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Kodim 0420/Sarko mendukung penuh berlangsungnya perkemahan ini. Perlu diketahui juga bahwa TNI AD melalui pramuka Saka Wira Kartika akan bersinergi dalam mensukseskan berbagai kegiatan pramuka, dan anggota pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0420/Sarko berkontribusi dalam perkemahan ini, begitu juga dengan peran aparat teritorial (Babinsa) dalam pendampingan selama berlangsungnya perkemahan.

Menyikapi situasi sekarang di Provinsi Jambi dampak dari kabut asap kebakaran hutan dan lahan, Kodim 0420/Srako bersama satgas penanggulangan siaga karhutla terus berupaya memantau dan aksi nyata memadamkan kemunculan titik-titik api sehingga akan mengurangi penyebaran asap di wilayah Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Menjadi Saksi Pernikahan Ucok Viva, Dansat Brimob Polda Jambi: Sah, Sah

Kaitan dengan berlangsungnya perkemahan ini melalui Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti yang identik dengan pelestarian lingkungan/alam bisa sejalan dalam upaya pencegah kebakaran hutan dan menitik beratkan pelestarian lingkungan serta kesadaran tidak merusak hutan dengan cara apapun, terlebih-lebih membakar, ini tidak di benarkan. Bersama-sama kita wujudkan Jambi bebas asap, tegas Kasdim.

Selamat dan sukses atas terselenggaranya perkemahan pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi tahun 2023, tutupnya. (Fitri/ Azan Firdaus)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *