IMG-20240501-WA0019

Kades Orahili Gomo Bagikan 50 Ribu Bibit Pinang Betara pada Warga

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Kepala Desa Orahili Gomo Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan, membagikan bibit Pinang Betara kepada 330 Kepala Keluarga, Kamis (1/9/2022) di Balai Desa Orahili Gomo.

IMG-20240227-124711

Masing-masing KK akan menerima 150 biji bibit pinang yang masih kecambah.

Menurut Kepala Desa Orahili Gomo Desman W. Telaumbanua bibit pinang ini telah direncanakan dan dimasukkan pada RAPDes tahun 2021 sebanyak 50 ribu bibit Pinang Betara sebagai upaya untuk program ketahan pangan. “Karena Pinang Betara diketahui sudah dapat berproduksi 3-5 tahun setelah ditanam,” ujar Desman Telaumbanua.

Pinang Betara, jika sudah berproduksi dapat menghasilkan 0,5 Kg biji pinang kering dengan harga jual 10 ribu/Kg.

“Maka penghasilan petani pinang bisa Rp250 juta pertiga bulan dihitung 25.000 Kg x Rp10.000”, ujar Desma.

Hal ini juga didukung oleh salah seorang petani yang sudah berpengalaman di daerah ini yang enggan disebutkan identitasnya.

Sumber dana bibit Pinang Betara ini diperoleh dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022. Bibit Pinang yang dibagikan ini, tergolong yang terbaik dan bersertifikat.

“Kita pesan dari sumber yang terpercaya dan memiliki rekam jejak di bidangnya” ungkap Desman Telaumbanua.

Kami dari desa masih terus memantau perkembangan persemaian bibit ini sampai tahap penanaman bibitnya, kita terus pantau perkembangannya dengan harapan jangan ada yang gagal, tutur Desman.

Bahkan cara pemupukan dan pupuk yang cocok untuk tanaman pinang pihknya koordinasikan atau kerjasama dengan Penyuluh Pertanian dari tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

“Persemaian sampai penanaman diupayakan warga dan pemerintah desa tetap menjalin kerjasama yang baik, agar rencana, dan tujuan kita dapat tercapai,” tambah Ketua BPD.

Pada acara penyerahan Bibit Pinang ini turut dihadir Camat Gomo diwakili Kharisma Buulolo, Kapolsek Gomo mewakili, Danramil 11 Gomo diwakili oleh Babinsa Serda. T. Hia, Ketua BPD Yason Hulu, Pendamping Desa Nurhayati Lase, dan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, seluruh aparat desa, para kepala dusun 1,2,3 dan LSM/Pers.

Dari pemantauan awak media pembagian bibit pinang ini sangat positif dan mendorong masyarakat untuk bekerja produktif memanfaatkan lahan tidur yang tidak digarap oleh petani selama ini.

Pemeliharaan tanaman pinang cukup mudah dan penggunaan pupuk juga bersifat bertahap sehingga biaya operasional sampai pada tahap produksi sangat mudah dan terjangkau. Mudah-mudahan niat baik Pemerintah Desa Orahili Gomo dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat. (Sn. Telaumbanua)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *