Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Polda Sumsel Bersama PJS Jalin Sinergitas Tangkal Berita Hoaks

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

DPD dan DPC Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Sumsel gelar silaturahmi daerah bertema “Dengan Silahturahmi Daerah PJS se Sumbagsel, Kita Jalin Sinergitas dengan Stakeholder Menuju Jurnalis yang Profesional, Kompenten dan Bermartabat,” di Graha Kartika Sriwijaya pada Senin (21/8/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Turut hadir, Gubernur Sumsel yang diwakili Kadis Kominfo Sumsel Achmad Rizwan, Kapolda Sumsel yang diwakili Kasubbid Mulmed Bidhumas Polda Sumsel, Kompol Masnoni SIK, Ketua DPD Rino Triyono, 14 DPC dari kabupaten/kota dan stakeholder lainnya.

Ketua DPD PJS Provinsi Sumsel Rino Triyono dalam sambutannya mengatakan, Pemerhati Jurnalis Siber memang harus berkolaborasi dengan stakeholder dan pemerintah. Dalam kegiatan ini juga, pihaknya tekankan pengurus PJS harus berkompeten, Profesional dan Bermartabat artinya seluruh PJS wajib UKW.

“Bahkan kemarin, PJS mencetak sejarah di Sumsel pernah menyelenggarakan UKW akbar di Muara Enim,” katanya usai kegiatan, Senin (21/8/2023).

Rino juga menjelaskan untuk bergabung di PJS pertama harus wartawan. Kedua, tidak boleh ada diorganisasi serupa walaupun sudah bergabung dengan organisasi lain dia harus mengundurkan diri dari organisasi tersebut dan yang utama harus UKW.

Ditempat yang sama, Kapolda Sumsel yang diwakili Kompol Masnoni, S.IK Kasubbid Mulmed Bidhumas Polda Sumsel menyampaikan, sangat mensupport dan mendukung kegiatan ini. Apalagi dimasing-masing kabupaten/kota sudah ada pembentukan DPD nya. Sehingga apa yang menjadi arahan dari pimpinan bisa sampai kebawah lebih terpusat.

Lanjutnya, timnya mengharapkan dimana organisasi yang terbentuk ini bertujuan untuk tetap memperhatikan kondisi situasi Sumsel yang saat ini kondusif dan aman, terutama di tahun 2024 yang menjadi tahun politik.

Ke depan agar kita selalu bersinergi untuk menjaga kamtibmas sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat dengan hadirnya pemberitaan yang baik bukan berita hoaks dan memprovokasi.

Untuk bentuk pengawasan dari Kepolisian, pihaknya tetap memantau akun-akun yang bisa menyebarkan hoaks, isu sara dan politik jika terbukti tetap akan ditindak lanjuti.

“Yang paling utama, hati-hati terhadap media sosial untuk itu kita harus bisa bijak bermedia sosial. Karena kalau kita menimbulkan hoaks atau sara undang-undang ITE akan berlaku,” ungkapnya.

Kadis Kominfo Sumsel Achmad Rizwan mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi apa yang dilakukan Organisasi Pemerhati Jurnalis Siber. Sebuah Organisasi yang diharapkan akan membawa jurnalis yang berkompeten dan professional.

Karena membangun Indonesia bukan hanya milk pemerintah, melainkan juga tugas semua kalangan termasuk pers. Jurnalis memiliki peranan yang sangat penting dalam mensukseskan program pembangunan bangsa, lanjutnya, diantaranya dengan menyampaikan informasi secara benar kepada masyarakat, obyektif dan berimbang dengan selalu berpedoman kepada undang-undang yang berlaku dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

“Jurnalis harus dapat menjadi mitra yang baik bagi pemerintah. Yaitu dengan tetap bersifat kritis manakala ada kebijakan pemerintah yang dinilai tidak tepat. Dalam menyampaikan sebuah kritik, juga bersifat membangun dan dalam rangka perbaikan ke arah lebih baik,” pungkasnya. (suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *