IMG-20240501-WA0019

Bacakan Teks Proklamasi, Djon Ponto Janis: DPRD Berperan Memelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dipercaya untuk membacakan teks Proklamasi pada Upacara pengibaran bendera merah putih peringatan Kemerdekaan RI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang Ke-78.

IMG-20240227-124711

Dengan lantang dan penuh penghayatan Ketua DPRD membacakan teks detik – detik proklamasi kemerdekaan RI itu di Lapangan Batahi Ondong, Kamis (17/08/2023).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, Perwira Upacara Kabag Sumda Polres Kepl. Sitaro AKP Sahroni, S.I.P, Komandan Upacara Kapolsek Siau Timur AKP Rilef Berty Baliung.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Sitaro, memaknai kesempatan ini sebagai kesempatan yang luar biasa baginya. Menurutnya, momentum pembacaan teks proklamasi ini secara tidak langsung kembali mengulang saat Bung Karno membacakan teks Proklamasi.

“Pasti di dalam hati kita terbawa bagaimana suasana dulu seperti apa saat Bung Karno memproklamirkan kemerdekaan di tengah-tengah keberanian yang luar biasa,” katanya.

Pria yang akrab disapa Polo Gula ini menyebut ada rasa haru dan semangat tersendiri saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Ada rasa cinta, haru, bangga, dan semangat yang tak bisa dilukiskan saat membacakan teks proklamasi kemerdekaan. Ini harus disyukuri kepada Tuhan atas kemerdekaan dan kemajuan bangsa kita. Semoga NKRI semakin solid dan maju di masa depan”,jelasnya.

Usai upacara, atas nama pribadi dan pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Djon Ponto Janis mengucapkan selamat dirgahayu Republik Indonesia. Dia menuturkan, usia 78 tahun Republik Indonesia adalah usia yang tidak muda, tapi ini harus benar-benar dimaknai warga negara dengan memaksimalkan perannya.

“Sehingga bisa mengisi kemerdekaan itu dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu harapan kita semua dengan HUT kemerdekaan yang ke-78 ini Daerah Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo ini bisa lebih baik, bisa lebih maju dan masyarakat lebih sejahtera,” katanya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD berharap tali persaudaraan dapat diperkuat.

“Kita hanya menjaga dan melanjutkan apa yang menjadi cita-cita dan harapan para pendiri bangsa ini, terus jaga persaudaraan, kesatuan dan persatuan agar bangsa ini dapat mengingat bagaimana perjuangan, pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini tidak diraih dengan mudah, melainkan jiwa dan raga menjadi pertaruhannya,” tandasnya.

Upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia berlangsung khidmat. Hadir diantaranya Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Toni Supit, Wakil Bupati Kabupaten Sitaro John Palandung, Sekretaris Daerah Denny Kondoj, Asisten Sekda, Anggota DPRD Kabupaten Sitaro diantaranya Zhem Wengen, Heddy Janis, Juana Tumbio, Evelin Lolowang, Dancosmas Sasia, Hans Kalangit, Youlanda Halim, Shelfis Handri Pontoh, diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kepala Bagian Setda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah Kapitalau, BUMD dan Organisasi Masyarakat serta peserta upacara lainnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *