IMG-20240501-WA0019

Hendak Gelar Upacara HUT RI di Puncak Gunung, Tiga Pendaki Tewas Hipotermia

IMG-20240409-WA0076

Gowa, TRIBRATA TV

Tim SAR kembali menemukan satu pendaki meninggal lainnya sekitar 500 meter dari pos 5 jalur pendakian Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

IMG-20240227-124711

Korban kemudian dievakuasi ke jalur Bulu Balea dan dilarikan ke Puskesmas Tinggimoncong untuk diserahkan ke pihak keluarga.

Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan korban ditemukan pada pukul 20.40 WITA oleh tim SAR gabungan setelah melakukan penyisiran sepanjang jalur yang dilaporkan teman korban.

“Korban ditemukan pukul 20.40 Wita sekitar 500 meter dari Pos 5 dalam keadaan meninggal dunia,” kata Djunaidi, Rabu (18/8/2021) malam.

Korban yang ditemukan adalah Muhammad Rian yang sebelumnya dikabarkan sudah ditemukan pada pukul 14.20 WITA. Namun, setelah dikonfirmasi ke pihak keluarga, ternyata korban yang dimaksud adalah Zaenal Abidin, teman rombongan Rian yang juga menjadi korban.

“Kami menerima informasi dari pihak polsek, bahwa jenazah kedua sebelumnya bukan Rian melainkan Zaenal. Dan korban atas nama Rian ditinggalkan di sekitar pos 5 Gunung Bawakaraeng, karenanya SRU difokuskan untuk mencari di area yang diinformasikan jenazah Rian diletakkan,” ungkapnya.

Proses pencarian dan evakuasi berlangsung dramatis karena kondisi sudah gelap dan cuaca di wilayah Gunung Bawakaraeng yang ekstrem.

Dengan ditemukannya Muhammad Rian ini maka total tiga pendaki dinyatakan meninggal dunia dan dievakuasi oleh Tim SAR gabungan. Sebelumnya Tim SAR menemukan Steven Wiliam di pos 7 dan Zaenal di antara pos 5-6.

Para pendaki ini diduga tidak bisa bertahan karena mengalami hipotermia berat saat mendaki di Gunung Bawakaraeng yang cuacanya sangat ekstrem.

“Cuaca ekstrem dan ketidaksiapan pendaki menjadi faktor penyebab banyak korban meninggal dunia, katanya.

Infomasi yang diperoleh awalnya rombongan berjumlah delapan orang itu berangkat dari Sungguminasa, Gowa menuju Gunung Bawakaraeng pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Saat tiba di Pos Bulubalea pada malam hari, sempat dicegat petugas. Namun, berhasil dibobol karena jumlah pengunjung mencapai ratusan orang.

Pada 15 Agustus, mereka berangkat menuju puncak Gunung Bawakaraeng untuk persiapan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di hari ulang tahun kemerdekaan pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Mereka pun sempat bermalam di Pos 8, karena diterjang badai. Setelah itu, keesokan harinya 16 Agustus, baru kembali ke puncak. Tetapi tidak lama berada di puncak, mereka pun kembali turun karena terjadi badai di atas puncak gunung setempat serta persediaan logistik menipis dan kekurangan alat penerangan.

Di antara Pos 8 dan 7 mereka sudah mulai terpisah-pisah. Korban Steven ditemukan oleh pendaki lain di Pos 7 dan menginformasikan ke Basarnas ada jasad tergeletak di jalan (jalur), kemudian dievakuasi di Pos 7.

Selanjutnya, di pos antara 5 dan 6, korban lain atas nama Rian diperkirakan meninggal pukul 6.00 WITA. Awalnya, rekan Rian, bernama Wahyudi dan Suardi, mereka bertiga sempat bertahan di lokasi itu saat subuh hari.

Namun saat pagi, Rian diperkirakan sudah meninggal, sehingga rekannya memutuskan meninggalkan korban untuk mencari bantuan dan meletakkannya di bebatuan dan pohon sambil ditutup jaket warna hitam agar mudah ditandai.

Setelah melaporkan kejadian itu, tim SAR kemudian menyisir lokasi kejadian, tujuannya mengambil jenazah Rian. Namun bukan Rian yang ditemukan, melainkan korban lain bernama Zainal Abidin tergeletak di pinggir jalan sekitar Pos 6 mendekati Pos 5.

Untuk memastikan itu bukan jasad Rian, saat tiba di Puskesmas Tinggimoncong kantong jenazah pun dibuka untuk melihat langsung, ternyata benar itu bukan sosok Rian melainkan Zainal.

Data delapan orang pendaki itu yakni Steven (21) meninggal, Zainal Abidin (21) meninggal, Rian (20) jasad masih pencarian. Pendaki yang selamat, Fadly (20), Andi Fauzan Mukhtahari (21), Wahyudi (21), Febrian Alfiandi (17), dan Suardi (21). Enam orang berstatus mahasiswa dan satu orang pelajar, semuanya merupakan warga Kabupaten Gowa. (yusuf r)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *