Pemkot Singkawang Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Karhutla

IMG-20240409-WA0076

Singkawang, TRIBRATA TV

Polres Singkawang mengikuti Apel Gelar Pasukan Kesiap Siagaan Penanggulangan Karhutla bertempat di Halaman Makodim 1202/SKW Jalan Alianyang kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang, Rabu (2/8/2023).

IMG-20240227-124711

PJ Walikota Singkawang, Drs. H. Sumastro memimpin apel yang dihadiri Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wientama, Dandim 1202/SKW, LETKOL Arm Ferdy Pongsamma Radja, PS Kabagops Polres Singkawang, AKP Muhammad Yasin dan Dansubdenpom SKW.

Dalam amanatnya Pj Wali Kota mengatakan Kota Singkawang merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat yang rentan terjadi bencana karhutla. Untuk itu semua elemen dan stakeholder terkait dituntut untuk siap siaga dalam menghadapi dan menangani kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA  Kapolda Kalbar Bersama Gubernur dan Pangdam Tanjungpura Lepas Keberangkatan 'Mudik Gratis Presisi Katulistiwa 2023'

“Meskipun terjadi Karhutla, namun berkat dukungan, kerjasama dan koordinasi yang baik semua lintas sektoral maka bencana tersebut dapat ditangani dengan cepat sehingga tidak menimbulkan bencana kabut asap berkepanjangan,” ujarnya.

“Sebagai bentuk pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim kemarau dan terjadinya karhutla tahun 2023 ini, kami telah mengeluarkan keputusan Walikota Singkawang nomor: 300.2/96/BPBD tahun 2023 tentang status siaga darurat penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap di Kota Singkawang tahun 2023,” tambah Pj Wali Kota.

BACA JUGA  Dandim 1206/Putussibau Sambut Kunjungan Pj. Gubernur Kalimantan Barat ke Perbatasan

Menurutnya banyak kerugian akibat karhutla yaitu transportasi menjadi terganggu, jarak pandang pendek, udara pun ikut tercemar selain itu pernafasan pun menjadi terganggu, karena itu harus dicegah dan ditanggulangi sedini mungkin dan hal itu menjadi tanggung jawab kita semua.

“Untuk mengantisipasi dan mencegah serta penanggulangan karhutla memang membutuhkan koordinasi yang lebih instensif untuk itu kami instruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik antar satu instansi baik pemerintah, aparat maupun swasta harus saling bahu membahu,”pungkasnya. (M Rasyidi Neta)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *