Bupati Sitaro Hadiri Rapat FKUB, Ini Arahannya

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar Rapat Koordinasi bertempat di Auditorium Pemda Sitaro, Jumat (21/07/2023).

IMG-20240227-124711

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dalam arahannya mengapresiasi upaya Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kab. Kepl. Sitaro dalam menjaga kerukunan dan kondusifitas religi yang terbukti mampu mewujudkan toleransi lintas kepercayaan di masyarakat.

“Sangat bersyukur dengan adanya forum ini, sehingga kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Sitaro senantiasa terjaga kerukunannya, sangat rukun dan damai sekalipun secara demografi terdiri dari beragam kepercayaan yang dianut oleh masyarakat, “kata Bupati.

Menurut Bupati, pemerintah dan FKUB harus perlu bersinergi dalam menjaga iklim yang kondusif baik sosial, agama demi penyuksesan pembangunan daerah.

“Pemerintah dan gereja maupun lintas agama lainnya itu harus seiring sejalan. Jadi pemerintah bangun secara fisik dan gereja maupun agama lainnya membangun secara moril, jadi dua ini saling mendukung dan bersinergi. Tidak mungkin satu bisa jalan kalau satunya pincang, “ujar Bupati.

BACA JUGA  Pertama Kali, Pemilihan Anggota BPD Secara Langsung Digelar

Bupati berterimakasih atas peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sitaro dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama.

“Sangat luar biasa di Sitaro ini dengan adanya Forum Kerukunan Antar Umat Beragama. Kami sangat berterimakasih, karena selama ini sudah sangat terbina kerukunan yang ada di Sitaro, semoga semua tetap seperti ini malah akan lebih lagi terjaga dan dikembangkan kerukunan dan keharmonisan ini, “tuturnya.

Disela-sela sambutannya, Bupati juga menyampaikan berbagai pembangunan yang sementara dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Dirinya memohon restu dari masyarakat Sitaro dalam Pengembangan dan Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan Ulu Siau.

Selain itu, untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran di sekolah pemerintah daerah rencananya akan melakukan kebijakan merger sekolah.

“Berdasarkan data yang ada, bahwa ternyata ada sekolah-sekolah tertentu yang ada di Sitaro ini muridnya sangat sedikit, sedangkan operasional sekolah lumayan besar. Oleh karena itu, kami pertimbangkan untuk merger sekolah melihat juga tenaga pendidik di Sitaro sangat terbatas. Dalam hal ini kami berfokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak anak, “beber Bupati.

BACA JUGA  Video: Kapolres Sitaro Pimpin Upacara Penurunan Bendera HUT RI

Bupati menambahkan juga, untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Bupati dan jajaran Pemerintah Daerah akan melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama semua OPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

“Bakti sosial ini berkaitan dengan 17 Agustus 2023 yang merupakan Hari Kemerdekaan RI, dalam masa akhir jabatan kami akan ada berbagai kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan, dari dinas kesehatan, bantuan-bantuan dari dinsks, dan hampir semua OPD akan sama-sama bergotong royong dalam triwulan ini mensukseskan kegiatan baksos tersebut, “tukas Evangelian Sasingen.

Adapun kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dirangkaikan dengan Penyerahan Insentif Triwulan I dan II kepada para Hamba Tuhan.

Bupati kepulauan Sitaro didampingi Asisten I, Ketua FKUB bersama Kepala Badan Kesbangpol menyerahkan insentif bagi hamba Tuhan. Penyerahan secara simbolis mewakili umat Muslim kepada Bapak Waryono dan mewakili umat Kristen kepada Pdt Wiwiek R. K Egeten.

BACA JUGA  Jalan Sabuk Merah Perbatasan Timor Leste Nyaris Putus Akibat Longsor

Senada dengan itu Ketua FKUB Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Pdt Rachel Papona berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang sangat peduli kepada FKUB Sitaro.

“Terimakasih kepada Ibu Bupati Evangelian Sasinngen, juga Badan Kesbangpol yang sangat peduli kepada kami pelayan-pelayan semua lintas agama yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, juga terimakasih telah memberikan insentif “pungkasnya.

Kiranya dengan adanya FKUB ini senua program-program kerja dapat terlaksana dan diimplementasikan untuk membawa manfaat yang baik bagi kerukunan dan keharmonisan antar umat beragam di Daerah Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo ini.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Novia Tamaka, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gandawari Mulalinda, Ketua FKUB Pdt Rahel Papona dan Pengurus FKUB Kabupaten Kepulauan Sitaro, hamba-hamba Tuhan atau pimpinan lintas agama se-Sitaro. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *